Latest topics
» yang hitam jangan dimakan
Yesterday at 5:31 pm by sendi

» Selain Kalsium, Vitamin ini Juga Penting untuk Osteoporosis
Mon Dec 11, 2017 11:13 am by Opterone

» Jika terlambat makan ini resikonya
Wed Dec 06, 2017 3:44 pm by sendi

» Yang perlu disiapkan ketika lembur
Tue Dec 05, 2017 3:24 pm by sendi

» Asupan Lemak Bagi Penderita Diabetes
Fri Nov 24, 2017 2:20 pm by Opterone

» Mengantuk setelah makan, kenapa ?
Wed Nov 22, 2017 12:39 pm by sendi

» Zat Gizi Penting untuk Tingkatkan Kecerdasan Bayi BBLR
Tue Nov 21, 2017 10:16 am by Opterone

» Cegah Stroke dengan Vitamin A & E
Mon Nov 20, 2017 2:16 pm by Opterone

» waspada dan cegah sedini mungkin
Sat Nov 18, 2017 2:27 pm by sendi

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Mengantuk setelah makan, kenapa ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mengantuk setelah makan, kenapa ?

Post  sendi on Wed Nov 22, 2017 12:39 pm

Jam – jam rawan bagi pekerja adalah jam setelah makan siang. Ya, jam ini godaan untuk istirahat lebih lama menjadi lebih besar karena seringkali muncul tanda-tanda mengantuk setelah makan. Meski tidak terjadi pada semua orang, mengantuk setelah makan pernahkah anda alami ? Apa penyebabnya sehingga setelah makan kenyang seseorang menjadi mengantuk ? Apakah hanya sugesti semata atau memang ada penjelasan terkait hal tersebut?
Info sehat ringan kali ini mengulas apa penyebab mengantuk setelah makan, apakah ada jenis makanan tertentu yang menjadi penyebabnya ?

Setelah makan , atau setelah asupan makanan dikonsumsi terjadi proses di dalam tubuh. Dimana tubuh segera melalukan fungsinya untuk mengolah makanan yang masuk. Tubuh membutuhkan energi untuk melakukan pekerjaannya yaitu merubah bahan makanan menjadi glukosa yang kelak akan digunakan menjadi energi. Nah pada saat ini terjadi pelepasan hormon yang bekerja meningkatkan kadar gula dan membuat rasa kenyang. Otak juga memproduksi seretonin yang menyebabkan rasa kantuk.
Hormon dan Otak

Tubuh membutuhkan energi untuk melakukan fungsinya, dan energi ini diperoleh melalui makanan. Tubuh kemudian memecah zat gizi dari makanan dalam sistem pencernaan untuk dijadikan glukosa yang kemudian diubah menjadi energi. Setelah makan, tubuh melepaskan hormon, seperti hormon amilin, glukagon, dan kolesistokinin. Hormon-hormon ini berfungsi untuk meningkatkan kadar gula darah, membuat perasaan kenyang, dan untuk memproduksi insulin yang akan dialirkan ke dalam sel untuk menyediakan energi pada sel. Selain itu, makanan juga mempengaruhi produksi melatonin di otak. Kedua hormon inilah yang menyebabkan rasa kantuk setelah makan. Melatonin dibuat di otak dengan mengubah asam amino triptofan menjadi serotonin, dan kemudian menjadi melatonin.

Jenis makanan
Makanan apa saja yang dikosunsumsi ? apakah ada pengaruhnya jenis makanan pada rasa ngantuk ? Beberapa makanan dapat membuat Anda mengantuk dibandingkan dengan makanan lain. Makanan yang mengandung protein tinggi, seperti daging, ayam, telur, ikan, bayam, tahu, keju dan kedelai mengandung asam amino triptofan. Asam amino inilah yang digunakan oleh tubuh untuk memproduksi serotonin yang bertanggung jawab terhadap rasa kantuk. Selain protein karbohidrat juga demikian halnya . Kombinasi kedua makanan ini menjadi penyebab rasa kantuk setelah makan.
Ada pepatah mengatakan berhenti makan sebelum kenyang. Bisa jadi ini sebabnya karena jika Terlalu banyak makan juga dapat menyebabkan rasa kantuk. Setelah makan, tubuh lebih banyak mengalirkan darah ke sistem pencernaan untuk mencerna makanan dengan jumlah banyak. Hal ini menyebabkan kekurangan sementara darah dan zat gizi di otak.
Solusinya bisa jadi kurangi asupan karbohidrat seperti nasi. Konsumsi buah, sayur dan air yang cukup jangan dilupakan untuk keseimbangan gizi tubuh

Kondisi tubuh
Namun apakah anda selalu merasa mengantuk setiap hari ? merasa lemas, letih dan tidak bersemangat? Bisa jadi bukan makanan penyebabnya tapi masalah kesehatan lain yang belum terungkap. Apakah anda menderita sulit tidur sehingga di jam –jam kerja anda justru merasa mengantuk atau apakah ada penyakit tertentu seperti anemia misalnya.
Selain itu rasa kantuk setelah makan juga dapat menjadi tanda Anda sedang kekurangan zat gizi tertentu. Kekurangan gizi menyebabkan makanan tidak tercerna dengan baik karena tubuh Anda gagal untuk mencernanya. Akibatnya, Anda tidak akan memiliki energi yang cukup untuk mendukung aktivitas Anda sepanjang hari dan merasa mengantuk sepanjang waktu.

Bagaimana dengan anda ? apakah sering mengantuk setelah makan ? atau justru rasa kantuk sepanjang hari sulit dihindari ketika bekerja ? bisa jadi ada masalah kesehatan lain. Jika anda merasa lemas, letih lesu dan seperti tak bergairah atau hilang semangat ada baiknya untuk memeriksakan hemoglobin , jika anemia maka dapat menurunkan produktivitas kerja dan kualitas hidup.

Spirulina Pacifica dapat anda konsumsi sebelum bekerja cukup 10 tab sehari membantu memperbaiki kesehatan, dan melengkapi kecukupan gizi harian. Minum air yang cukup hingga menjelang tidur malam. Kombinasi ini niscaya akan membangun kesehatan yang lebih baik. Ayo sehat dimulai dari sekarang.

sendi

Jumlah posting : 823
Points : 2346
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik