Latest topics
» Menua dengan sukses.
Thu Jul 12, 2018 5:01 pm by sendi

» Waspada malnutrisi pada ibu hamil
Tue Jul 10, 2018 4:01 pm by sendi

» Inflamasi Datang? Hadang dengan Jeli Gamat Luxor!
Tue Jul 10, 2018 1:58 pm by Opterone

» Cegah ASD Ketika Hamil
Tue Jul 10, 2018 1:55 pm by Opterone

» Viirus, bakteri dan Daya tahan tubuh
Thu Jul 05, 2018 4:54 pm by sendi

» Intip Makanan Sehat Untuk Sel Telur Wanita
Tue Jul 03, 2018 3:13 pm by Opterone

» Ketika Nasi Sudah “Berubah”, Masihkah Kita Memerlukannya?
Tue Jul 03, 2018 3:09 pm by Opterone

» Sering marah-marah, ini dia dampaknya
Mon Jul 02, 2018 4:58 pm by sendi

» Cegah kelelahan berulang
Fri Jun 29, 2018 4:17 pm by sendi

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Makanan ramah diabetes

Go down

Makanan ramah diabetes

Post  sendi on Wed Mar 14, 2018 4:59 pm

Menjadi kewajiban mengelola gula darah bagi penderita diabetes adalah sebuah kedisiplinan yang sifatnya wajib atau mutlak. Jika tak dilakukan maka gula darah dapat melonjak tinggi atau justru menjadi rendah sehingga menyebabkan hipoglikemi.
Susah susah gampang harus memilah makanan apalagi jika sudah menyangkut selera dan cita rasa , rasa-rasanya memang harus dikuatkan dengan niat bulat untuk melakukannya. Diantara banyak makanan yang hadir setiap hari baik dari menu harian ataupun jamuan makan penderita diabees sejatinya dapat memilih makanan yang ramah bagi pengidap diabetes . Makanan tersebut yaitu :
1. Karbohidrat kompleks. Ini adalah sumber karbohidrat yang lebih sehat, biasanya teradapat pada buah-buahan, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, nasi merah, kentang panggang, oatmeal, serta roti. Ketika mengonsumsi buah dalam bentuk jus, sebaiknya jangan menambahkan dengan gula.
2. Sayur-sayuran yang diproses dengan cara direbus, dikukus, dipanggang atau dikonsumsi mentah. Sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes di antaranya brokoli dan bayam.
3. Ikan dan daging tanpa lemak. Kandungan tinggi protein pada daging tidak memengaruhi tingkat gula darah seperti karbohidrat. Ketika dikonsumsi dengan porsi yang cukup, daging ikan, dada ayam tanpa kulit, dan daging rendah lemak menjadi pilihan tepat bagi penderita diabetes. Ikan yang baik antara lain tuna, sarden, salmon, makarel. Namun ada baiknya, hindari mengonsumsi ikan dengan kadar merkuri yang tinggi seperti ikan tongkol.

Makanan yang harus dihindari
Bagi penderita diabetes, ada baiknya jika menghindari makanan pokok berupa nasi. Ini karena nasi putih mengandung kadar gula yang tinggi dibanding dengan sumber karbohidrat lain. Selain itu, ada beberapa jenis makanan lain yang perlu dihindari untuk menjaga kadar gula darah.
1. Roti tawar
2. Produk susu tinggi lemak.
3. Makanan yang terbuat dari tepung terigu.
4. Buah-buahan kaleng yang kaya gula.
5. Makanan yang digoreng.
6. Popcorn dengan berbagai rasa.
7. Sayuran yang dimasak dengan tambahan garam, keju, dan mentega dalam jumlah banyak.
8. Daging berlemak dan kulit ayam.
Bagi yang memungkinkan lebih baik disarankan mengonsumsi makanan dari hasil olahan sendiri sehingga tahu betul bahan apa saja yang dibuat agar “ama” bagi kesehatan Selain jeli dalam memilih makanan, penderita diabetes juga sangat perlu untuk rutin mengecek kadar gula darah, memiliki riwayat gula darah yang terkontrol dan tercatat akan membantu mengendalikan dan memantau kesehatan.
Kembali kepada makanan , semua ini tentu tak ada artinya jika jumlahnya juga tidak dibatasi meskipun makanannya ramah diabtes apabila dimakan berlebih bisa menjadi ancaman kesehatan. Sehingga oleh karena itu dikenal dengan nama 3 J Jenis Jumlah dan Jadwal. Menyikapi ini berarti sangat peduli terhadap kesehatan diri dan ( atau) keluarga.

Luxor menyediakan SpirulinaPacifica bagi penderita DM , suplemen kaya serat dan mineral kromium ini dapat dikonsumsi oleh penderita DM tanpa khawatir. Suplemen Spirulina Pacifia menjadi salah satu makanan yang ramah untuk Diabetes yangdapat dikonsumsi secara rutin tentu dibantu dengan pengendalian gula darah yang baik maka kualitas kesehatan penderita Diabetes dapat diupayakan menjadi lebih baik .

Salam sehat

sendi

Jumlah posting : 877
Points : 2508
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik