Latest topics
» nasi putih dan indeks glikemik
Mon Apr 23, 2018 5:00 pm by sendi

» Akibat terlambat makan
Fri Apr 20, 2018 3:56 pm by sendi

» Yang sehat, yang seperti apa ?
Wed Apr 18, 2018 10:35 pm by sendi

» Remaja, apa yang perlu diperhatikan ?
Wed Apr 18, 2018 10:03 pm by sendi

» Makanan gorengan mengapa harus dibatasi ?
Wed Apr 18, 2018 9:09 pm by sendi

» Pasca operasi, ini dia yang perlu
Mon Apr 09, 2018 5:01 pm by sendi

» Kelelahan? Ini dia solusinya
Wed Apr 04, 2018 4:08 pm by sendi

» Waspada Gorengan Mempercepat Penuaan !!
Wed Apr 04, 2018 2:26 pm by Opterone

» Dermatitis pada kulit? Hadapi dengan JelGam dan SP
Wed Apr 04, 2018 2:21 pm by Opterone

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Diet DASH untuk cegah Hipertensi

Go down

Diet DASH untuk cegah Hipertensi

Post  sendi on Wed Mar 28, 2018 3:59 pm

Seperti sayur tanpa garam, ini bukan sekedar ungkapan tapi memang harus rendah garam bagi mereka yang beresiko tinggi hipertensi. Ya, jika makanan yang dikonsumsi rasanya kurang khususnya garam seringkali jadi kurang nikmat tapi apa daya jika kesehatan tidak memungkinkan maka makanan pun sebaiknya lebih bersabahat agar kesehatan selalu mendekat. Nah berbicara mengenai garam. Penderita hipertensi memang perlu disiplin terhadap asupan garam, karena garam salah satu pemicu tingginya tekanan darah. Garam juga bukan hanya semata-mata garam meja tapi semua makanan yg mengandung garam tersembunyi perlu untuk diperhatikan konsumsinya.
Nah dalam berbagai jenis atau macam diet ada diet DASH yaitu diet yang dirancang untuk turunkan tekanan darah. Pelakunya dianjurkan perbanyak konsumsi buah, sayur, dan gandum utuh


Panduan untuk diet dash lebih mengutamakan kepada porsi yang cukup bagi makanan dibawah ini seperti

1. Konsumsi padi, biji-bijian (grain) sebanyak 2-3 porsi/hari seperti roti gandum (ukuran 1 porsi sekitar 1 lembar roti), nasi, pasta, sereal (sekitar 1 cup dalam kondisi matang).

2. Sayuran sekitar 4-5 porsi/hari seperti tomat, wortel, brokoli, ubi, sayuran hijau yang kaya akan serat, vitamin, kalium dan magnesium. Ukuran 1 porsi sekitar 100 gram dalam kondisi mentah.

3. Buah sekitar 2-3 porsi/hari. Ukuran 1 porsi buah sekitar 80-100 gram dalam kondisi segar.


4. Daging tanpa lemak, unggas dan ikan sebanyak kurang dari 4 porsi/hari sebagai sumber protein, vitamin B, zat besi dan zinc.

5. Kacang, biji, legumes sebanyak 5 porsi/minggu seperti almond, biji bunga matahari, kacang-kacangan, produk kedelai (tahu, tempe) dimana ukuran 1 porsi kacang sekitar 2 sendok makan.

6. Lemak dan minyak sebanyak 2-3 porsi/hari atau sekitar 25-27 persen dari kebutuhan kalori sehari. Adapun ukuran 1 porsi sekitar 1 sendok teh.

7. Gula atau makanan yang manis sekitar kurang dari 200 kalori/hari seperti gula pasir atau selai, ukuran 300 kalori adalah sekitar 3 sendok makan.

8. Alkohol sebaiknya dihilangkan.

9. Batasi penggunaan garam kurang dari 5 gram perhari


jangan lupa ketika melakukan diet untuk tujuan menurunkan tekanan darah kandungan sodium tinggi yang terdapat dalam makanan seperti aneka makanan kaleng, makanan yang diproses tinggi, dan makanan cepat saji sebaiknya dihindari. "Begitu juga dengan kecap asin, saos sambal, dan terasi sebaiknya tidak dikonsumsi dulu demi kesehatan.
Memang mungkin awal yang sulit untuk tidak mengonsumsi sambal apalagi kebiasaan makan kita yang cenderung selalu tersedia sambal disetiap jamuan makan. Sambal memang mengandung garam tinggi baik dari garam dapur apalagi jika ditambah dengan terasi sebagai pelengkap dan penyedap.

Tentu saja jangan lupa dengan produk Luxor . Spirulina Pacifica, Jeli gamat dan Vitaluxor Plus jadi andalan untuk menjaga kesehatan terutama tekanan darah. Konsumsi Serat ada di Spirulina, Omega 3 ada di jeli Gamat dan vitaluxor Plus. Jadi paduan pola makan yang sehat dan suplemen ini akan menjadi duo hebat untuk membantu memperbaiki kesehatan.

Semua jenis diet berawal dari Niat yang baik untuk kesehatan dan kualitas hidup yang baik, ayo mulai dari sekarang, ayo mulai dari Spirulina Pacifica, Vitaluxor dan jeli Gamat Luxor


sendi

Jumlah posting : 854
Points : 2439
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik