Latest topics
» pilah pilih Karbo untuk mengelola berat badan
Yesterday at 4:23 pm by sendi

» Makanan sahahat hipertensi
Thu Nov 08, 2018 4:38 pm by sendi

» Tips kurangi garam untuk hidup lebih sehat
Mon Nov 05, 2018 4:43 pm by sendi

» Cara lain menikmati makanan bagi kolesterol tinggi
Fri Nov 02, 2018 4:27 pm by sendi

» Olahraga tepat untuk penderita Diabetes
Fri Nov 02, 2018 4:04 pm by sendi

» Polemik Konsumsi Buah Pada Penderita Diabetes
Thu Nov 01, 2018 11:24 am by opterone

» Ingin Awet Muda Tapi Lupa dengan Vitamin C? Bahaya loh!!
Thu Nov 01, 2018 11:18 am by opterone

» Bahaya Diabetes Menyerang Bagi Pecinta Softdrink
Wed Oct 31, 2018 5:01 pm by opterone

» Nutrisi Untuk Para Perokok
Wed Oct 31, 2018 4:58 pm by opterone

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


nasi putih dan indeks glikemik

Go down

nasi putih dan indeks glikemik

Post  sendi on Mon Apr 23, 2018 5:00 pm

Makan nasi adalah sebuah kepastian bagi sebagian dari kita, rasanya belum makan kalau belum makan nasi. Lalu seperti sebuah kebiasaan makan nasi hangat rasanya jauh lebih nikmat dibanding nasi dingin, rasanya banyak yang setuju dengan hal ini bukan? Namun pernahkah kita menanyakan apakah nasi hangat lebih sehat dikonsumsi dibanding nasi dingin ? Khususunya jika memperhatikan indeks glikemiknya. Ya ternyata nasi dingin indeks glikemik nya lebih rendah jika dibandingkan dengan nasi panas. Tapi bukan berati makan nasi dingin banyak-banyak juga baik bagi penderita diabetes ya. Jumlah, jadwal dan jenis tetap harus diperhatikan.

Indeks Glikemik adalah sistem peringkat makanan yang mengandung karbohidrat. Angka ini menjadi indkator seberapa cepat makanan yang dikonsumsi memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh
Beberapa jenis makanan yang indeks glikemiknya tinggi antara lain kentang, nasi putih, gula, roti putih, dan minuman bersoda dan yang manis. Sedangkan makanan dengan indeks glikemik rendah dan sedang adalah makanan yang dicerna tubuh secara perlahan dan menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara bertahap. Contoh makanan tersebut antara lain kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran (tidak termasuk buah kering) dan makanan dengan biji-bijian utuh seperti bubur havermut.
Jika disebut dalam angka, ( dari berbagai sumber) tinggi rendahnya kadar indeks glikemik umumnya dapat dikategorikan sebagai berikut:
IG Rendah: 55 atau kurang dari 55.
IG Sedang: 56 69.
IG Tinggi: 70 atau lebih dari 70.

Akan tetapi angka indeks glikemik dapat berubah terutama jika makanan tersebut telah diolah bersama dengan bahan lain atau dengan cara tertentu. Selain itu, ada beberapa faktor yang menentukan perubahan tinggi rendahnya IG: seperti tingkat kematangan buah yang mempengaruhi indeks Glikemik, Semakin banyak porsi makanan berkarbohidrat yang dikonsumsi akan semakin mempengaruhi kadar gula darah.
Memang kurang memungkinkan jika memilih makanan berdasarkan indeks glikemik karena tidak semua mencantumkan nya dalam kemasan. Namun bagi penderita diabtes yang telah terbiasa mengelola makanan dengan baik tentu telah dapat memilah makanan dengan meningkatkan konsumsi serat dan membatasi konsumsi karbohidrat olahan.
Untuk mengontrol kadar gula darah latihan atau olahraga sangat membantu sehingga mari sempatkan waktu untuk bergerak .
Jangan lupa sertakan Spirulina Pacifica dalam menu harian ya, dengan mineral chromium membantu meningkatkan sensitivitas pankreas dalam memproduksi hormon insulin. Konsumsi 15 tab sehari sangat baik untuk melengkapi menu harian anda.

sendi

Jumlah posting : 915
Points : 2622
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik