Latest topics
» Lansia dan sajian akhir tahun
Sat Dec 15, 2018 9:47 am by sendi

» Persiapkan Perjalanan Spiritualmu, dengan Nutrisi Jeli Gamat
Thu Dec 13, 2018 11:03 am by opterone

» Nutrisi Sendi Anda dengan Jeli Gamat
Thu Dec 13, 2018 10:57 am by opterone

» Pemanis Buatan & Toksik Bakteri Pencernaan
Thu Dec 13, 2018 10:47 am by opterone

» Omega 3 Menunda Menopause??
Thu Dec 13, 2018 10:43 am by opterone

» Resolusi sehat 2019
Tue Dec 11, 2018 4:18 pm by sendi

» Upayakan Gizi Seimbang , Gampang.
Sat Dec 08, 2018 1:59 pm by sendi

» 4 Tips Agar Terhindar dari Serangan Jantung
Thu Dec 06, 2018 9:35 am by opterone

» Pilihan Makanan Penentu Berat Badan sEHAT Saat Hamil
Thu Dec 06, 2018 9:31 am by opterone

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Flu saat Puasa

Go down

Flu saat Puasa

Post  sendi on Sat Jun 02, 2018 2:49 pm

Meski terbilang ini adalah penyakit yang paling “akrab “ dengan kita namun ketika sedang puasa terkena flu rasanya tidak nyaman juga . Bagaimana tidak saat terkena flu kepala terasa berat, tenggorokan menjadi sakit atau kering, belum lagi batuk yang tidak dapat diredakan dengan minum , ditambah lagi rasa badan pegal dan linu. Jika sudah begini berpuasa sepertinya perlu perjuangan ekstra untuk penuh hingga waktu berbuka. Nah agar puasa tidak bolong maka mari siasati ketika gejala flu sudah mulai terasa. Tapi sebelumnya berikut mengenai flu sebagai info ringkas ringan pada edisi Ramadhan ini

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan (sistem yang terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru). Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan di antaranya adalah demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, nafsu makan menurun, dan sakit tenggorokan.

Banyak yang mengira flu serupa dengan pilek karena kemiripan gejalanya, namun anggapan ini tidak tepat. Jenis virus yang menyebabkan flu berbeda dengan pilek biasa. Sedangkan pilek umumnya muncul secara bertahap dengan gejala yang lebih ringan sehingga tidak terlalu berdampak kepada rutinitas.
Ketika sedang berpuasa dan aktifitas harian dapat dikurangi gunakan waktu untuk :
1. Istirahat
Jika Anda sedang terserang flu, ada baiknya, jika Anda memperbanyak istirahat dan menghentikan segala aktivitas harian Anda terutama yang berat. Istirahat menjadi kunci agar Anda masih tetap bisa puasa saat sedang flu. Banyak istirahat memungkinkan tubuh untuk menyembuhkan dan memberikan waktu untuk sistem kekebalan tubuh melawan infeksi virus yang menyebabkan flu. Dengan istirahat, biasanya daya tahan tubuh Anda akan cepat pulih.

2. Banyak minum cairan hangat saat sahur dan berbuka
Usahakan perbanyak minum air hangat saat Anda berbuka puasa dan saat sedang sahur. Meminum air hangat dapat membantu mengencerkan lendir dalam sinus sehingga melancarkan alirannya, dan membuat Anda merasa lebih baik dengan cepat.
Saat berbuka puasa, teh panas tanpa kafein bisa menjadi pilihan. Tambahkan sedikit madu dan lemon untuk menenangkan tenggorokan dan mempertahankan efeknya lebih lama. Saat sahur, Anda bisa memilih kaldu bening untuk santapan. Anda bisa memilih kaldu sayur atau kaldu ayam. Namun pilihlah, kaldu rendah natrium agar Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi garam. Sup ayam dapat membantu menenangkan sakit tenggorokan, mengencerkan lendir, dan melegakan hidung tersumbat.

3. Konsumsi vitamin C saat sahur

Kurangnya asupan makanan dan minuman saat sedang berpuasa, membuat daya tahan tubuh Anda lemah. Untuk menjaga daya tahan tubuh, Anda disarankan untuk mengonsumsi vitamin C.
Vitamin C adalah suatu antioksidan yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin C memang tidak akan menyembuhkan flu secara langsung, namun dapat membantu tubuh Anda pulih lebih cepat.
Luxor menyediakan Vitamin C dalam bentuk Ex tar C Plus yang dapat diminum saat sahur dan berbuka sebagai dukungan memperkuat daya tahan tubuh. Selain itu konsumsi Spirulina Pacifica saat sahur dan sebelum tidur juga dapat membantu daya tahan tubuh menjadi lebih baik. Minum yang cukup selama waktu berbuka hingga tidur malam dan saat sahur agar cairan tubuh tetap terpenuhi. Dengan daya tahan tubuh yang baik maka penyakit tidak mudah hinggap.

Selamat berpuasa, selalu semangat dan mempersiapkan hari Kemenangan.

sendi

Jumlah posting : 924
Points : 2649
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik