Latest topics
» Lansia dan sajian akhir tahun
Sat Dec 15, 2018 9:47 am by sendi

» Persiapkan Perjalanan Spiritualmu, dengan Nutrisi Jeli Gamat
Thu Dec 13, 2018 11:03 am by opterone

» Nutrisi Sendi Anda dengan Jeli Gamat
Thu Dec 13, 2018 10:57 am by opterone

» Pemanis Buatan & Toksik Bakteri Pencernaan
Thu Dec 13, 2018 10:47 am by opterone

» Omega 3 Menunda Menopause??
Thu Dec 13, 2018 10:43 am by opterone

» Resolusi sehat 2019
Tue Dec 11, 2018 4:18 pm by sendi

» Upayakan Gizi Seimbang , Gampang.
Sat Dec 08, 2018 1:59 pm by sendi

» 4 Tips Agar Terhindar dari Serangan Jantung
Thu Dec 06, 2018 9:35 am by opterone

» Pilihan Makanan Penentu Berat Badan sEHAT Saat Hamil
Thu Dec 06, 2018 9:31 am by opterone

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Tak ada kembung saat puasa

Go down

Tak ada kembung saat puasa

Post  sendi on Thu Jun 07, 2018 9:43 pm

Puasa Ramadhan sudah memasuki minggu ke3, sebentar lagi hari kemenangan akan tiba. Bagaimana puasa anda ? Harapannya tentu berjalan dengan lancar dan tak ada lagi rasa kembung yang menganggu.
Mengapa ada rasa kembung ketika pertama kali atau diawal-awal masa puasa? Dari sekian banyak sebab ini yang paling sering terjadi atau yang dialami.

Kembung terjadi akibat penumpukan gas di saluran pencernaan, lantaran menelan udara atau hasil pemecahan makanan. Namun bukan berarti kembung saat puasa tak bisa diatasi ada beberapa kiat yang bisa dicoba untuk menghindari perut kembung.

1. Hindari makanan yang meningkatkan produksi gas

Hindari makan makanan tinggi lemak, pedas, dan terlalu berbumbu. Sebab, makanan tersebut dapat meningkatkan produksi gas di saluran pencernaan saat sahur dan buka puasa. Bahan makanan lain yang dapat meningkatkan produksi gas yaitu kubis, brokoli, dan nangka. Pilihlah makanan yang bisa mengurangi gejala kembung seperti nasi putih, roti, yogurt, dan apel.

2. Jangan makan terburu-buru

Makan dengan terburu-buru dapat meningkatkan risiko aerofagia dan membuat makanan tidak tercerna sempurna di mulut.

3. Hindari langsung berbaring setelah makan

Jangan langsung tidur setelah sahur. Beri jeda waktu 12 jam untuk memastikan makanan dicerna dengan baik. Untuk mengisi waktu dapat berjalan kaki sekitar 30 menit sekaligus menghirup udara pagi yang segar.

4. Hindari konsumsi soda

Hindari minuman yang mengandung soda, kafein, dan makanan siap saji karena dapat menambah produksi gas. Makanan tersebut juga dapat memperburuk gejala perut kembung. Minum air putih atau teh hangat lebih baik

5. Minum cukup air putih

Minum air putih minimal delapan gelas sehari. Anda dapat membagi komposisinya menjadi dua gelas saat sahur, dua gelas saat buka puasa, dan empat gelas di antara buka puasa dan sahur.

6. Olahraga

Jangan lupa tetap menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga ringan minimal tiga kali per minggu. Olahraga dapat dilakukan satu hingga satu setengah jam menjelang buka. Dengan melakukan banyak kegiatan waktu satu jam akan terasa cepat berlalu. Pilih olaraga yang tidak terlalu menguras tenaga seperti jalan sore, atau tenis meja.

Puasa tanpa kembung, tentu bisa.. Sertakan jeli gamat ketika sahur dan berbuka, memberikan rasa nyaman di lambung dan membantu meningkatkan kebugaran selama berpuasa.

sendi

Jumlah posting : 924
Points : 2649
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik