Latest topics
» Jika ideal sulit, mari sehat mendekati ideal
Thu Sep 20, 2018 4:35 pm by sendi

» Asam lambung, makanan dan Jeli Gamat
Tue Sep 18, 2018 3:39 pm by sendi

» Makanan sahabat jantung & cara pengolahannya
Mon Sep 17, 2018 4:51 pm by sendi

» Diet Keto Aman dengan Gamat dan Spirulina
Fri Sep 14, 2018 9:45 am by opterone

» Gamat & Spirulina Makanan Cerdas Menutrisi dan Mengobati
Fri Sep 14, 2018 9:37 am by opterone

» Makanan pencegah pikun
Thu Sep 13, 2018 3:10 pm by sendi

» Parkinson dan Jeli Gamat Luxor
Mon Sep 10, 2018 2:00 pm by opterone

» Pencernaan Bermasalah Pada Penderita Diabetes
Mon Sep 10, 2018 1:49 pm by opterone

» Makan larut malam bagi penderita DM bolehkah ?
Thu Sep 06, 2018 6:05 pm by sendi

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Waspada malnutrisi pada ibu hamil

Go down

Waspada malnutrisi pada ibu hamil

Post  sendi on Tue Jul 10, 2018 4:01 pm

Kurang gizi pada ibu hamil ? bisa saja terjadi jika selama masa kehamilan ibu justru sulit mengonsumsi makanan. Nah, jika malnutrisi pada keadaan hamil apa dampaknya? Tentu saja yang perlu diwaspadai adalah kesehatan janin dalam kandungan. Apalagi seperti yang kita ketahui perkembangan janin sungguh luar biasa. Ketidakseimbangan gizi dapat berdampak nyata pada kesehatan janin baik saat ini maupun di waktu yang akan datang bahkan dapat menghambat perkembangan anak hingga usia 2 tahun .
Info sehat ringkas kali ini mengulas malnutrisi pada ibu hamil. Ketidakseimbangan gizi ini terjadi karena banyak sebab diantara ibu sulit makan karena rasa mual yang hebat, tidak ada nafsu makan, atau ibu sakit ketika mengandung. Beberapa gangguan yang bisa menyerang adalah terjadinya gangguan fisiologi dan biokimia atau metabolik. Di antaranya gangguan glukosa, lemak, protein, enzim, hormon/reseptor dan gen. Jika masalah ini terjadi di periode 1.000 hari pertama kehidupan anak, maka gangguan menetap dan tidak bisa diperbaiki.
Kurang gizi selama hamil bisa berdampak pada kemampuan kognitif yang rendah pada anak yang akan dilahirkan. Dalam jangka panjang, Si Buah Hati mungkin akan mengalami obesitas, stamina tubuh yang rendah dan mudah sakit. Beberapa penyakit seperti hipertensi dan diabetes pun mengintai bahkan setelah mereka dewasa.
Bagi ibu yang sedang mengandung ayo cermati tanda tanda kurang gizi saat hamil. Diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Anemia
Sering merasa pusing dan mudah lelah bisa jadi tanda ibu kekurangan darah alias anemia. Salah satu pemicu kondisi ini adalah kekurangan nutrisi, terutama zat besi dan asam folat.
2. Berat Badan Tidak Bertambah
Peningkatan berat badan adalah hal yang wajar terjadi pada wanita yang tengah mengandung. Naiknya berat badan selama hamil normalnya mencapai lebih dari 14 kilogram. Namun, jika ibu tak kunjung mengalami peningkatan berat badan setelah lewat dari trimester pertama, apalagi dibarengi dengan gejala mudah lelah dan pusing, bisa jadi itu tanda dari kurang zat gizi.
3. Mudah Sakit
Jika kurang mendapat asupan nutrisi biasanya akan lebih rentan terserang penyakit. Sebab kurang mengonsumsi makanan berigizi bisa membuat daya tahan menurun, sehingga virus penyebab penyakit akan lebih mudah menginfeksi.
4. Masalah pada Janin
Kurang gizi pada ibu hamil bisa ditandai dengan masalah perkembangan janin. Seperti janin tidak memiliki berat yang normal, bahkan termasuk terhambatnya perkembangan organ tubuh dan otak janin. Kondisi janin bisa dicek dengan melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Wanita yang tengah hamil disarankan untuk melakukan USG sebanyak 3 kali selama masa kehamilan. Hal ini penting untuk memantau dan memastikan kondisi janin baik dan siap menghadapi persalinan.
Kecukupan gizi seperti yang pernah dibahas dalam tema berbeda di forum ini, ibu hamil memang sejatinya perlu menyiapkan zat gizi terbaik untuk diri nya sendiri dan calon buah hati. Tentu dengan segala kendala yang ada seperti mual dan lain sebagainya pemenuhan zat gizi tetap terjaga.
Zat gizi yang diperlukan anatara lain asam folat, Kalsium, Zat Besi, Vitamin B kompleks, dan zat gizi lainnya seperti kombinasi vitamin dan mineral, juga omega 3 yang dapat dikonsumsi dari makanan harian. Untuk mendukung Luxor menyediakannya dalam Spirulina Pacifica dan Vitaluxor Plus yang dapat dikonsumsi oleh ibu hami. Cukup konsumsi Spirulina Pacifica 2x5 tab / hari dan Vitaluxor 1 softgel per hari. Ibu hamil telah berupaya memenuhi gizi terbaik untuk diri dan janin dalam kandungan.
Jangan lupa kebiasaan sehat selama hamil seperti selalu bergerak, atau olahraga ringan, berpikir positif dan makan makanan sehat.

sendi

Jumlah posting : 900
Points : 2577
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik