Latest topics
» Lansia dan sajian akhir tahun
Sat Dec 15, 2018 9:47 am by sendi

» Persiapkan Perjalanan Spiritualmu, dengan Nutrisi Jeli Gamat
Thu Dec 13, 2018 11:03 am by opterone

» Nutrisi Sendi Anda dengan Jeli Gamat
Thu Dec 13, 2018 10:57 am by opterone

» Pemanis Buatan & Toksik Bakteri Pencernaan
Thu Dec 13, 2018 10:47 am by opterone

» Omega 3 Menunda Menopause??
Thu Dec 13, 2018 10:43 am by opterone

» Resolusi sehat 2019
Tue Dec 11, 2018 4:18 pm by sendi

» Upayakan Gizi Seimbang , Gampang.
Sat Dec 08, 2018 1:59 pm by sendi

» 4 Tips Agar Terhindar dari Serangan Jantung
Thu Dec 06, 2018 9:35 am by opterone

» Pilihan Makanan Penentu Berat Badan sEHAT Saat Hamil
Thu Dec 06, 2018 9:31 am by opterone

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Makanan sahabat jantung & cara pengolahannya

Go down

Makanan sahabat jantung & cara pengolahannya

Post  sendi on Mon Sep 17, 2018 4:51 pm

Masih perihal makanan dan kesehatan memang susah susah gampang untuk menekuninya. Hal ini karena makanan menyangkut selera seseorang yang berbeda-beda. Belum lagi ditambah kultur yang selama ini menyertai misal cenderung mengonsumsi makanan berbumbu atau pedas, makanan dominan manis, dominan santan atau lain sebagainya. Sehingga ketika ada perubahan maka perlu kedisiplinan untuk menekuninya hari demi hari.

Seperti makanan yang ramah untuk jantung yang sehat. Sudah pasti banyak yang harus dipangkas tidak hanya dari sumber makanannya tapi juga dari cara pengolahannya. Sumber makanan yang tepat namun pengolahan makanan yang keliru membuat makanan tersebut tidak lagi ramah bagi jantung. Contoh mudahnya adalah ikan. Ikan adalah makanan yang ramah untuk jantung sehat dan juga pembuluh darah. Namun dengan cara pengolahan yang kurang tepat seperti digoreng, dihangatkan berulang, dimasak dengan santan kental maka manfaat gizi dari ikan menjadi kurang optimal antara lain omega 3 yang ada pada ikan. Makanan tersebut harus diolah dengan cara pengolahan yang ramah juga bagi kesehatan antara lain ditim, meminimalkan digoreng atau pemakaiahn minyak goreng berulang. Untuk mengurangi rasa amis yang mungkin timbul atau menaikan selera makan maka rempah-rempah yang bisa digunakan untuk pengolahan ikan menjadi solusi untuk membuat olahan ikan yang membuat nafsu makan meningkat.

Berikut ini adalah makanan yang ramah bagi jantung dan pembuluh darah :

- Bawang putih
Mengandung berbagai vitamin dan antioksidan yang sangat bermanfaat buat kesehatan jantung. Kandungan allicin pada bawang putih membantu melindungi dari penyakit jantung serta menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Allicin juga mampu melawan beberapa jenis kanker dan kerusakan sel-sel, bahkan melawan Alzheimer.
- Tomat
Mengandung likopen, antioksidan ampuh, yang secara klinis sudah terbukti secara aktif mengurangi risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan kolesterol dengan cara mencegah kerusakan sel. Likopen pada tomat akan lebih mudah diserap tubuh bila buah dimasak, diulek, atau dimakan dengan sedikit minyak zaitun
- Ikan
Salmon, sardin, dan mackerel kaya asam lemak Omega-3, selenium, vitamin D, dan protein, serta sangat baik untuk menurunkan trigliserida dan melindungi tubuh dari penyakit jantung.
- Jeruk bali
Kaya vitamin C, serat, kolin, dan likopen, juga bisa membantu menyeimbangkan kadar lipid dalam darah, terutama trigliserida, yang bila terlalu banyak bisa menyebabkan pengerasan dinding pembuluh darah. Jeruk bali juga mengandung pektin, sejenis lemak serat larut, yang terbukti mampu memperlambat perkembangan arteriosclerosis. Kandungan likopennya juga mampu menurunkan kolesterol jahat.
-Alpukat
Makanan super dengan kandungan tinggi vitamin B6, yang mampu mengatur hormon. Alpukat juga kaya vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal, yang membantu menurunkan kolesterol jahat. Sebaiknya dikonsumsi langsung sebagai dessert tanpa penambahan gula atau susu

Mari konsumsi makanan yang tepat dengan cara pengolahan yang tepat pula agar hidup lebih sehat.

sendi

Jumlah posting : 924
Points : 2649
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik