Latest topics
» Lansia dan sajian akhir tahun
Sat Dec 15, 2018 9:47 am by sendi

» Persiapkan Perjalanan Spiritualmu, dengan Nutrisi Jeli Gamat
Thu Dec 13, 2018 11:03 am by opterone

» Nutrisi Sendi Anda dengan Jeli Gamat
Thu Dec 13, 2018 10:57 am by opterone

» Pemanis Buatan & Toksik Bakteri Pencernaan
Thu Dec 13, 2018 10:47 am by opterone

» Omega 3 Menunda Menopause??
Thu Dec 13, 2018 10:43 am by opterone

» Resolusi sehat 2019
Tue Dec 11, 2018 4:18 pm by sendi

» Upayakan Gizi Seimbang , Gampang.
Sat Dec 08, 2018 1:59 pm by sendi

» 4 Tips Agar Terhindar dari Serangan Jantung
Thu Dec 06, 2018 9:35 am by opterone

» Pilihan Makanan Penentu Berat Badan sEHAT Saat Hamil
Thu Dec 06, 2018 9:31 am by opterone

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Porsi makan , sudah cukupkah?

Go down

Porsi makan , sudah cukupkah?

Post  sendi on Fri Oct 12, 2018 3:46 pm

Bicara mengenai kuliner atau makan rasanya tak ada yang kuasa menolak apalagi jika kuliner yang sesuai dengan selera dan cita rasa yang membelai lidah . Namun makan secara langsung akan tersambung dengan kesehatan . makan yang sehat akan berdampak sehat pula namun makanan yang kurang ramah terhadap kesehatan secara tak langsung akan menimbulkan resiko gangguan kesehatan.

Pernahkah kita mengukur berapa sebenarnya porsi makan yang cukup untuk sekali makan ? Betul, porsi makan tidak dapat disamakan tergantung dari jenis kelamin, usia, jenis kegiatan yang dilakukan. Seorang pekerja berat tentu memerlukan kalori berbeda dibandingkan dengan seorang yang aktifitasnya ringan .

Tips sehat ringan kali ini untuk mengulas dan memperhatikan secara sederhana porsi makan kita sehari-hari sebagai acuan agar dapat mengerem makanan dengan alasan tentu saja kesehatan yang baik.

Secara sederhana begini kira-kira menghitung porsi makan yang cukup dalam sehari

Porsi sayur dan buah
Konsumsi sayur dan buah setidaknya harus lima porsi per hari (dikombinasikan). Satu porsi sayur biasanya disebutkan dalam satuan gelas. Di mana, satu gelas kira-kira adalah sebanyak 100 gram. Sedangkan, satu porsi buah biasanya disebutkan dalam satuan buah atau potong, misal 1 porsi apel adalah sebanyak 1 buah atau 1 porsi melon adalah sebanyak 1 potong.
Ini tergantung dari besar masing-masing buah, jadi porsi masing-masing buah tentu berbeda. Biasanya 1 porsi buah berukuran kecil bisa mencakup beberapa buah, dan 1 porsi buah berukuran besar hanya mencakup buah atau 1 potong.

Porsi karbohidrat
Konsumsi makanan sumber karbohidrat, seperti nasi, mie, roti, dan kentang, sebanyak 3-4 porsi. Satu porsi nasi adalah sebanyak 100 gram atau 1 centong nasi. Satu porsi mie adalah 200 gram, satu porsi roti adalah 3 iris, dan satu porsi kentang adalah 2 buah sedang.

Porsi protein
Konsumsi makanan dari sumber protein hewani (seperti ayam, daging, telur, dan ikan) dan sumber protein nabati (seperti kacang-kacangan, tahu, dan tempe) sebanyak 2-4 porsi (dikombinasikan). Usahakan untuk setidaknya makan ikan 2-3 porsi per minggu.
Satu porsi ayam adalah 1 potong atau sekitar 40 gram, satu porsi daging sapi adalah 1 potong atau sekitar 15 gram, dan satu porsi ikan adalah sekitar 30-40 gram atau 1 potong. Sedangkan, satu porsi kacang-kacang biasanya adalah sekitar 2,5 sendok makan (25 gr), satu porsi tahu adalah 2 potong (100 gram), dan satu porsi tempe adalah 2 potong (50 gram).

Lalu bagaimana sudah cukupkah apa yang saya makan ?

Biasanya selain makanan diatas kita juga mengonsumsi makanan lain seperti makanan ringan, makanan selingan , minuman manis, dan lainnya. Ini juga menyumbang kalori yang akan diperhitungkan. Jadi jika prakiraan makanan diatas sudah lebih dari cukup sebaiknya makanan lain dikonsumsi namun dengan perhatian khusus apalagi jika ada riwayat penyakit tertentu seperti diabetes, hipertensi atau kolesterol tinggi dan asam urat.

Namun jangan kawatir, sehat tetap dapat diupayakan tentu saja bersama Luxor dengan Jeli Gamat dan Spirulina Pacifica yang membantu menyokong zat gizi dan daya tahan tubuh yang lebih baik. Ingat Sehat ingat Spirulina Pacifica dan Jeli Gamat Luxor.

sendi

Jumlah posting : 924
Points : 2649
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik