Latest topics
» pilah pilih Karbo untuk mengelola berat badan
Yesterday at 4:23 pm by sendi

» Makanan sahahat hipertensi
Thu Nov 08, 2018 4:38 pm by sendi

» Tips kurangi garam untuk hidup lebih sehat
Mon Nov 05, 2018 4:43 pm by sendi

» Cara lain menikmati makanan bagi kolesterol tinggi
Fri Nov 02, 2018 4:27 pm by sendi

» Olahraga tepat untuk penderita Diabetes
Fri Nov 02, 2018 4:04 pm by sendi

» Polemik Konsumsi Buah Pada Penderita Diabetes
Thu Nov 01, 2018 11:24 am by opterone

» Ingin Awet Muda Tapi Lupa dengan Vitamin C? Bahaya loh!!
Thu Nov 01, 2018 11:18 am by opterone

» Bahaya Diabetes Menyerang Bagi Pecinta Softdrink
Wed Oct 31, 2018 5:01 pm by opterone

» Nutrisi Untuk Para Perokok
Wed Oct 31, 2018 4:58 pm by opterone

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


konsumsi makanan cepat saji , amankah?

Go down

konsumsi makanan cepat saji , amankah?

Post  sendi on Wed Oct 24, 2018 4:26 pm

Makanan , pada dasarnya adalah untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yaitu pangan. Tentu saja makanan yang dimaksud adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari yaitu makanan utama yang umumnya dimakan dalam 3 kali makan yaitu pagi, siang dan sore. Nah makanan ini memang banyak ragamnya berbeda tergantung kebiasaan atau pola budaya tertentu. Khususnya di Indonesia kita lebih umum mengenal nasi dan lauk pauknya sebagai makanan pokok. Nasi dan lauk pauknya termasuk di dalamnya karbohidrat dan protein, lemak, vitamin dan mineral.

Ideal memang makanan memenuhi unsur zat gizi diatas. Lalu bagaimana dengan makanan cepat saji atau makanan instant ? apakah masuk dalam kategori makanan yang dapat diandalkan? Apakah nilai lebih dari makanan instant ?

Makanan instant sejatinya adalah bahan makanan yang aman untuk dikonsumsi. Karena di dalamnya pasti mengandung zat gizi yang diperlukan antara lain juga mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Namun yang perlu dicermati dalam makanan siap saji adalah nilai tertentu yang umumnya lebih tinggi karena ditambahkan dan digunakan sebagai pengawet misalnya, garam, / natrium, penguat rasa yang dominan. Ini sebenarnya tidak terlalu diperlukan oleh tubuh atau diperlukan dalam jumlah yang sedikit saja. Sebaliknya di dalam makanan cepat saji seringkali kandungan vitamin, mineral atau antioksidannya lebih rendah dibandingkan dengan sajian alami atau dalam bentuk segar. Sehingga dengan demikian apabila konsumsi makanan cepat saji dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang tanpa ada keseimbangan dengan makanan alami maka dikhawatirkan asupan gizi menjadi tidak seimbang. Efeknya tentu saja tubuh tidak mendapat suplai zat gizi yang cukup. Dengan demikian terjadi ketidakseimbangan gizi yang dampaknya akan terjadi pada keluhan atau gangguan kesehatan.

Pada beberapa kondisi tertentu memang makanan cepat saji yang paling mudah didapat dengan kondisi seperti ini ada baiknya mengimbangi dengan suplemen yang dapat membantu melengkapi kecukupan gizi. Spirulina Pacifica misalnya, di dalamnya terdapat kandungan zat gizi lengkap untuk tubuh. Konsumsi 15-20 tab setiap hari sangat baik untuk membangun kesehatan yang baik. Terutama mereka yang sangat membutuhkan seperti di usia produktif dan lansia.
Jangan lupa air putih yang cukup setiap hari, agar ginjal sehat .
Ayo optimalkan upaya sehat sebaik mungkin mulai sekarang.

sendi

Jumlah posting : 915
Points : 2622
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik