Latest topics
» pilih yang sehat dalam jamuan makan
Fri Sep 22, 2017 4:50 pm by sendi

» Solusi Bagi Anda yang Tidak Menyukai Sayuran Cruciferous
Fri Sep 22, 2017 9:08 am by Opterone

» Dampak Stress bagi Kesehatan
Wed Sep 20, 2017 4:30 pm by sendi

» Ingin Menjadi Vegan yg Sehat? Jangan Lupa Spirulina Pacifia
Mon Sep 18, 2017 2:07 pm by Opterone

» Kurus atau gemuk bisa beresiko
Fri Sep 15, 2017 3:43 pm by sendi

» Zat Gizi Penting Untuk Kecerdasan Emosi Anak
Wed Sep 13, 2017 10:19 am by Opterone

» Batasi manisnya konsumsi gula
Tue Sep 12, 2017 8:51 pm by sendi

» Hati-hati Pola Makan Anda Meningkatkan Resiko Kanker Kolon!
Tue Sep 12, 2017 9:37 am by Opterone

» Yang perlu diketahui wanita saat Haid
Fri Sep 08, 2017 5:33 pm by sendi

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


PENTINGNYA ZAT BESI BAGI TUBUH

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

PENTINGNYA ZAT BESI BAGI TUBUH

Post  Firman on Mon Aug 26, 2013 11:12 am

Salah satu mineral penting lainnya bagi tubuh adalah zat besi, karena zat besi termasuk dalam reaksi hidup yang utama. Kadar zat besi di dalam tubuh manusia memang tidaklah banyak, namun kegunaannya amat menakjubkan.
Fungsi utama dari zat besi adalah mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut elektron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel. Untuk mengangkut oksigen, zat besi harus bergabung dengan protein dan membentuk hemoglobin di dalam sel darah merah dan myoglobin di dalam serabut otot. Bila bergabung dengan protein di dalam sel, zat besi membentuk enzim yang berperan di dalam pembentukan energi di dalam sel. Jadi, zat besi paling banyak ditemukan di dalam sel darah merah, di mana disitu merekalah yang membentuk hemoglobin. Inilah zat yang memberikan warna merah pada darah.

Ukuran sel darah merah amatlah kecil. Biasanya dalam setetes sel darah terdapat sekitar 5.000.000 butir sel darah merah. Sel darah merah yang kecil ini berbentuk bulat pada tepi dan cekung pada bagian tengahnya, kira-kira berbentuk seperti piring. Dibandingkan dengan bentuk sel-sel lain, sel darah merah memilki permukaan yang lebih besar/luas, inilah yang membuat sel darah merah lebih mudah melakukan pertukaran oksigen dan karbon dioksida.
Angka Kebutuhan Normal Zat Besi

Laki-laki dewasa yang berat badannya 75 kg setidaknya memiliki 4000 mg zat besi, sementara wanita dewasa dengan berat badan 55 kg memiliki 2100 mg zat besi. Laki-laki memiliki cadangan zat besi di dalam limpa dan sumsum tulang sebanyak 500-1500 mg, itulah sebabnya anemia jarang dijumpai pada laki-laki. Sebaliknya, wanita hanya mempunyai cadangan zat besi 0-300 mg sehingga rentan terhadap anemia, apalagi pada usia subur wanita mengalami menstruasi.

Kebutuhan zat besi tergantung kepada jenis kelamin dan umur. Angka kecukupan zat besiyang dianjurkan adalah :
Anak 2-6 tahun 4,7 mg/hari
Usia 6-12 tahun 7,8 mg/hari
Laki-laki 12-16 tahun 12,1 mg/hari
Gadis 12-16 tahun 21,4 mg/hari
Laki-laki dewasa 8,5 mg/hari
Wanita dewasa usia subur 18,9 mg/hari,
Wanita menopause 6,7 mg/hari
Wanita menyusui 8,7 mg/hari.
Angka kecukupan ini dihitung berdasarkan ketersediaan hayati (bioavailability) sebesar 15%. Zat besi dalam makanan dapat berasal dari sumber nabati dengan ketersediaan hayati 2-3% dan sumber hewani dengan ketersediaan hayati 20-23%. Untuk meningkatkan ketersediaan hayati, zat besi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dapat ditambahkan dengan vitamin C dan asam organik lainnya.



ZAT BESI Spirulina 60-68X Bayam

Zat besi diperlukan dalam darah untuk mengikat dan membawa oksigen. Wanita umumnya rawan resiko anemia zat besi karena secara berkala mengalami menstruasi. Demikian juga dengan wanita hamil yang memerlukan zat besi lebih banyak untuk pertumbuhan janin.

Spirulina mengandung Protein, Vitamin B6, B12, E, Asam Folik, Zat Besi dan pigmen alamiah untuk membantu pembentukan sel darah merah. Bagi wanita yang mengalami menstruasi, banyak kehilangan darah termasuk Haemoglobine (Hb) darah. Fungsi Hb adalah membawa Oksigen dari ikatan zat besi pada setiap molekul Hb. Oleh sebab itu wanita yang mengalami mestruasi dan wanita hamil memerlukan zat besi 5x lebih banyak dari biasa dan klorofil untuk pembentukan molekul Hb 3x lebih banyak dari biasa.



Firman

Jumlah posting : 123
Points : 367
Reputation : 0
Registration date : 05.06.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik