Latest topics
» Jangan abaikan keluhan tubuh
Tue Jan 09, 2018 3:43 pm by sendi

» Waspada Kolesterol
Mon Jan 08, 2018 5:06 pm by sendi

» Tahun baru dan diabetes
Tue Jan 02, 2018 9:25 pm by sendi

» batas aman gula dan garam
Sat Dec 23, 2017 12:03 pm by sendi

» Untuk DM dan hipertensi, jaga kesehatan di akhir tahun
Thu Dec 21, 2017 4:32 pm by sendi

» Yuk buat resolusi sehat 2018
Tue Dec 19, 2017 5:45 pm by sendi

» yang hitam jangan dimakan
Wed Dec 13, 2017 5:31 pm by sendi

» Selain Kalsium, Vitamin ini Juga Penting untuk Osteoporosis
Mon Dec 11, 2017 11:13 am by Opterone

» Jika terlambat makan ini resikonya
Wed Dec 06, 2017 3:44 pm by sendi

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Barbeque, boleh saja asal...

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Barbeque, boleh saja asal...

Post  sendi on Thu Mar 20, 2014 9:30 pm

Barbeque biasanya dilakukan ketika ada perayaan penting dalam suatu keluarga atau kelompok. Umumnya dilakukan pada saat acara kumpul ľkumpul seperti tahun baru, ulang tahun maupun hanya sekedar bertemu. Barbeque menjadi seru karena dilakukan sambil mengobrol dan bersapa dengan banyak orang di dalam acara. Bahan yang dibuat dalam barbeque biasanya adalah daging hewani bukan? Jarang sekali kita temukan barbeque tahu atau tempe. Daging merah seperti daging sapi, sosis, babi, domba,kambing, biasanya yang sering dipilih menjadi bahan barbeque. Ada lagi ikan, atau udang.
Memang aroma yang muncul setelah daging dibakar sangat harum. Namun tahukah anda bahwa membakar protein seperti cara ini kurang baik untuk kesehatan. Mengapa ? daging merupakan sumber protein, jika diolah dengan cara dibakar langsung diatas bara api hingga kecoklatan atau gosong maka akan timbul heterosiklik yang bersifat karsinogen atau menjadi pemicu kanker bagi mereka yang mengonsumsinya. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa Memasak makanan dengan memanggang dapat meningkatkan risiko kanker hingga dua kali lipat, dibandingkan dengan direbus, meskipun daging dimasak sampai matang. Dalam penelitian mereka, para ilmuwan menyatakan bahwa daging yang diolah dengan cara digoreng atau dibakar┬ dapat menyebabkan mutasi karsinogenik pada permukaan makanan.
Lalu bagaimana jika ingin mengolah makanan dengan cara dibakar ? Jika demikian dapat dilakukan dengan mengolah makanan dibakar tapi tidak sampai hangus.

Dari cara mengolah makanan dengan dibakar, digoreng, direbus,ditumis hingga di tim, menurut beberapa ahli yang paling disarankan adalah dengan cara di tim terutama untuk ikan agar nutrisinya seperti omega 3 tidak hilang selama proses pengolahan.
Tips lain adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran berwarna seperti paprika, selada, maupun buah ketika acara barbeque berlangsung. Karena buah dan sayur berwarna mengandung fitokimia yaitu antioksidan yang merupakan radikal bebas yang melindungi tubuh.
Idelanya atur dan kelola makanan dengan baik karena apa yang anda makan akan menentukan kesehatan anda juga kini dan nanti.

sendi

Jumlah posting : 829
Points : 2364
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik