Latest topics
» yang dipantang ketika sedang diet
Tue Jul 11, 2017 2:37 pm by sendi

» Ayo cek kesehatan setelah lebaran
Tue Jul 04, 2017 5:05 pm by sendi

» Jaga pola makan di hari raya
Sun Jun 25, 2017 2:49 pm by sendi

» Tips Mudik Aman bagi pengidap DM
Wed Jun 21, 2017 3:48 pm by sendi

» Perhatikan Kesehatan saat mudik dengan cermat
Mon Jun 19, 2017 4:11 pm by sendi

» Sahur, haruskah makan lebih banyak ?
Thu Jun 08, 2017 5:00 pm by sendi

» Menu bersantan, amankah ?
Wed Jun 07, 2017 5:52 pm by sendi

» Vitamin Mineral Penting saat Puasa
Mon Jun 05, 2017 4:18 pm by sendi

» Vit C dan Kepadatan Tulang
Sat Jun 03, 2017 11:46 pm by felixia28

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Mitos DM, benarkah ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mitos DM, benarkah ?

Post  sendi on Tue Apr 01, 2014 5:49 am

Artikel mengenai Diabetes sudah sering diulas dalam forum ini. Namun tak ada salahnya bukan kita mengetahui mitos mengenai Diabetes yang sering diperbicangkan , bisa saja salah satunya pernah anda dengar. Lalu bagaimana tanggapan anda tentang hal tersebut?
Mari kita simak mitos seputar diabetes.
1. Kelebihan berat badan = diabetes
Tidak selalu mereka yang bertubuh tambun sudah mengidap diabetes. Tubuh subur bukan patokan pasti terkena diabetes. Memang berat badan berlebih atau kegemukan bahkan obesitas merupakan salah satu faktor pemicu atau faktor resiko mengidap diabetes, bahkan bukan hanya diabetes saja banyak penyakit yang mengintai mereka yang bertubuh subur seperti nyeri persendian, hipertensi, kolesterol tinggi, perlemakan hati dan lainnya. Namun sekali lagi bukan berarti mereka yang gemuk sudah pasti terkena diabetes

2. Hindari buah-buahan
Meski menyandang diabetes, anda dapat mengonsumsi buah-buahan. Hanya saja memang ada buah tertentu yang sebaiknya tidak dikonsumsi. Sebenarnya yang perlu diketahui adalah Indeks Glikemiks dari suatu makanan. Semakin rendah indeks glikemiksnya maka semakin ramah makanan tersebut untuk penderita diabetes.

3. Olahraga yang keras dapat menurunkan gula darah
Penderita diabetes memang perlu menurunkan gula darah, namun tentu saja dengan cara yang tepat. Olahraga yang terlalu berat juga tidak disarankan bagi penderita DM. Apalagi bagi mereka yang beresiko seperti lansia. Olahraga yang dilakukan adalah olahraga yang teratur dengan memperhatikan denyut nadi, dan waktu. JIka anda juga mengidap hipertensi ada baiknya mengecek tekanan darah sebelum berolahraga. Olahraga yang ringan namun memiliki ritme lebih baik ketimbang olahraga keras

4. Suntik insulin segera
Ketika diketahui mengidap diabetes, insulin adalah satu-satunya obat. Anggapan ini sebaiknya tidak merupakan keputusan yang tergesa-gesa. Pemakaian insulin harus dengan konsultasi medis agar tepat dan sesuai dengan kondisi anda. Insulin pun beragam dan tidak serta merta langsung digunakan ketika gula darah anda misalnya mencapai 200 ketika melakukan pemeriksaan gula darah sewaktu. Ingat 3 J , jenis, jumlah dan jadwal merupakan perpaduan yang perlu dilakukan oleh diabetesi.

5. JIka sudah minum obat diabetes, maka bebas untuk makan apapun
Tentu saja keliru, pengaturan makanan merupakan hal mutlak bagi diabetesi. Begitu juga olahraga.

Jadi, bagaimana dengan anda ?

sendi

Jumlah posting : 801
Points : 2278
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik