Latest topics
» yang dipantang ketika sedang diet
Tue Jul 11, 2017 2:37 pm by sendi

» Ayo cek kesehatan setelah lebaran
Tue Jul 04, 2017 5:05 pm by sendi

» Jaga pola makan di hari raya
Sun Jun 25, 2017 2:49 pm by sendi

» Tips Mudik Aman bagi pengidap DM
Wed Jun 21, 2017 3:48 pm by sendi

» Perhatikan Kesehatan saat mudik dengan cermat
Mon Jun 19, 2017 4:11 pm by sendi

» Sahur, haruskah makan lebih banyak ?
Thu Jun 08, 2017 5:00 pm by sendi

» Menu bersantan, amankah ?
Wed Jun 07, 2017 5:52 pm by sendi

» Vitamin Mineral Penting saat Puasa
Mon Jun 05, 2017 4:18 pm by sendi

» Vit C dan Kepadatan Tulang
Sat Jun 03, 2017 11:46 pm by felixia28

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Makan Sehat di bulan Puasa, tentu !

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Makan Sehat di bulan Puasa, tentu !

Post  sendi on Tue Jul 01, 2014 10:39 pm

Cara Makan Sehat di Bulan Puasa
Puasa Ramadhan sekitar 11-12 jam setiap harinya tentu merupakan sebuah tantangan bagi seseorang untuk dapat beraktifitas normal dengan jam makan yang diubah. Puasa memang sejatinya tidak hanya menahan lapar dan haus saja namun mengandung sarat makna religius di dalamnya. Makan dan minum yang jadwalnya diubah menjadi saat sahur dan berbuka tentu perlu disiasati agar di jam-jam kerja seseorang dapat beraktifitas normal. Nah tips dalam forum kali ini mencoba mengulas bagaimana baiknya makan sehat di bulan puasa agar puasa 11-12 jam dapat dijalani dengan baik.
1. Makan yang wajar di malam hari
Biasanya ketika berpuasa terbersit keinginan untuk makan ini ataupun itu disaat berbuka. Apalagi jika ada tawaran berbuka bersama rekan atau kerabat. Kemudian saat malam hari karena akan berpuasa maka makan malam lebih banyak untuk “menabung” baik maknaan utama maupun makanan selingan. Ini sebenarnya tidak perlu karena ketika kita menambah porsi karbohidrat kita justru merasa cepat lapar. Sebaiknya makanan ketika berbuka dapat dibagi seperti berikut : makanan ringan saat berbuka, dilanjutkan shalat tarawih lalu makan makanan lengkap setelah salat tarawih jangan lupa sertakan buah.
2. Sahur jangan diabaikan
Tentunya makan sahur di pagi hari sangat berarti untuk cadangan energi sepanjang berpuasa. Ketika makan malam terlalu banyak bisa jadi anda akan mengantuk dan malas untuk bangun ketika sahur. Sehingga asupan sahur menjadi menjadi tidak ada dan cadangan energi sepanjang hari pun akan menipis. Hasilnya anda akan menjadi lebih lapar, ini tentunya tidak disarankan bagi anda yang mengidap diabetes. Sahur jangan diabaikan, makanlah dengan porsi yang wajar. Disarankan senantiasa menyediakan sayur sebagai serat untuk memberi rasa kenyang lebih lama. Protein dapat diperoleh dari lauk nabati maupun hewani. Sebaiknya dihindari sahur dengan makanan instant karena gizi yang diperlukan oleh tubuh tidaklah memadai
3. Cukup air
Sepanjang hari tidak minum tentu bukan hal yang mudah, namun dapat dilakukan apalagi di puasa Ramadhan. Minum air ketika berbuka, disaat malam hari hingga menjelang tidur dan saat berbuka dibagi dengan ideal agar dapat mencapai minimal 8 gelas dalam sehari. Ditambah dengan air dari buah maka tubuh telah cukup dan tak dehidrasi.
4. Kurangi konsumsi gula
Saat puasa umumnya berbuka dengan minuman yang manis, dan ini menggunakan gula baik dalam bentuk minuman maupun makanan. Gula memang cepat menaikan gula darah dengan cara diserap oleh usus dan dibakar menjadi kalori. Keadaan ini kurang menguntungkan karena yang diperlukan oleh tubuh adalah yang diserap secara bertahap.
5. Cukup vitamin dan mineral
Tak boleh ketinggalan zat gizi ini juga diperlukan selama berpuasa yang didadapt dari sayur dan buah dan beberapa mineral didapat pula dari makanan baik nabati maupun hewani. Meski jumlah yang diperlukan tidak sebesar zat gizi lainnya namun peranan vitamin dan mineral diperlukan untuk kebugaran tubuh terutama vitamin B

Bagaimana sudahkah anda berbuka dan bersahur yang sehat? Tentunya agar puasa yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar dan kegiatan harian tidak menjadi terhambat. Luxor menyediakan Excel pack Jeli gamat, Spirulina pacifica, Extar c plus dan vitaluxor untuk mendukung puasa anda sehari penuh. Kombinasi tepat antara suplemen dengan makanan sahur dan berbuka akan melengkapi puasa anda menjadi lebih bermakna.
Selamat menjalankan ibadah puasa.

sendi

Jumlah posting : 801
Points : 2278
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik