Latest topics
» yang dipantang ketika sedang diet
Tue Jul 11, 2017 2:37 pm by sendi

» Ayo cek kesehatan setelah lebaran
Tue Jul 04, 2017 5:05 pm by sendi

» Jaga pola makan di hari raya
Sun Jun 25, 2017 2:49 pm by sendi

» Tips Mudik Aman bagi pengidap DM
Wed Jun 21, 2017 3:48 pm by sendi

» Perhatikan Kesehatan saat mudik dengan cermat
Mon Jun 19, 2017 4:11 pm by sendi

» Sahur, haruskah makan lebih banyak ?
Thu Jun 08, 2017 5:00 pm by sendi

» Menu bersantan, amankah ?
Wed Jun 07, 2017 5:52 pm by sendi

» Vitamin Mineral Penting saat Puasa
Mon Jun 05, 2017 4:18 pm by sendi

» Vit C dan Kepadatan Tulang
Sat Jun 03, 2017 11:46 pm by felixia28

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Waspada Penyakit Pasca Lebaran

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Waspada Penyakit Pasca Lebaran

Post  Firman on Wed Jul 23, 2014 12:53 pm

Puasa telah terbukti khasiatnya dalam peningkatan status kesehatan seseorang, dibuktikan dengan beberapa penelitian medis yang mendukung hikmah puasa terhadap kesehatan. Kunjungan ke klinik, puskesmas dan RS menurun selama bulan Ramadhan.  Dan tiba saatnya hari raya, beberapa penyakit kronis yang tadinya stabil dengan berpuasa, menjadi kambuh. Kunjungan ke Klinik, puskesmas dan Rumah Sakit meningkat kembali.

Namun, kita tetap harus menjaga kesehatan agar pasca lebaran tak jatuh sakit dan dapat kembali beraktifitas. Nah, biasanya, ada beberapa gangguan kesehatan yang kerap kita alami pasca lebaran ini.
Ada empat kelompok penyakit yang terjadi pasca lebaran, yang perlu kita waspadai :

Pertama, penyakit yang timbul pada saat mudik lebaran, karena berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Penyakit tersebut  adalah diare dan ganguan saluran pernapasan atas. Karena pada saat mudik orang mengonsumsi makanan tanpa memperhatikan kualitas dan standar kebersihan serta kesehatan. Apalagi sudah menjadi tradisi, saat lebaran segala macam makanan lezat, gurih, dan manis tersedia, baik di rumah maupun tempat yang dikunjungi untuk silaturahmi.

Faktor lemahnya menjaga kebersihan pribadi dan daya tahan tubuh yang turun, juga menjadi salah satu penyebab,  karena setelah puasa badan masih lelah, kemudian harus mudik dengan berbagai kondisi yang melelahkan. Misalnya, berdesakan dengan penumpang lain dalam antrean, ketiduran di terminal dan kepadatan terminal sendiri yang tentunya memicu untuk memudahkan penularan penyakit antar pemudik

Kelompok kedua, penyakit yang muncul karena kambuh, yaitu penyakit kronis seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), Diabetes (kencing manis) dan Dyspepsia (penyakit maag). Ini terjadi karena setelah berpuasa, badan terasa enak dan menjadi bebas untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi garam, lemak dan gula selama lebaran.

Kelompok ketiga adalah penyakit yang terjadi akibat kurangnya memperhatikan kebersihan lingkungan. Karena tidak ada pembantu, rumah ditinggal mudik dalam keadaan kotor. Ada genangan air, makanan yang tercecer dimakan tikus, dan sampah yang banyak mengundang lalat. Penyakit yang muncul adalah diare dan thyphus.

Kelompok terakhir, tambah penyakit akibat mobilitas yang bertambah dan perilaku negatif sekelompok orang dalam menyambut hari Raya Idul Fitri. Contohnya akibat penggunaan petasan yang menimbulkan ledakan bisa menyebabkan luka bakar, juga akibat kecelakaan lalu lintas, banyak terjadi kasus patah tulang, luka ringan, sedang sampai kematian.

Firman

Jumlah posting : 123
Points : 367
Reputation : 0
Registration date : 05.06.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik