Latest topics
» Menjaga Hati
Fri Jan 19, 2018 4:45 pm by sendi

» Jangan abaikan keluhan tubuh
Tue Jan 09, 2018 3:43 pm by sendi

» Waspada Kolesterol
Mon Jan 08, 2018 5:06 pm by sendi

» Tahun baru dan diabetes
Tue Jan 02, 2018 9:25 pm by sendi

» batas aman gula dan garam
Sat Dec 23, 2017 12:03 pm by sendi

» Untuk DM dan hipertensi, jaga kesehatan di akhir tahun
Thu Dec 21, 2017 4:32 pm by sendi

» Yuk buat resolusi sehat 2018
Tue Dec 19, 2017 5:45 pm by sendi

» yang hitam jangan dimakan
Wed Dec 13, 2017 5:31 pm by sendi

» Selain Kalsium, Vitamin ini Juga Penting untuk Osteoporosis
Mon Dec 11, 2017 11:13 am by Opterone

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Tetap Ramping dan Sehat Pasca Puasa

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Tetap Ramping dan Sehat Pasca Puasa

Post  Firman on Thu Jul 24, 2014 1:31 pm

Idul Fitri yang penuh berkah tidak pernah jauh-jauh dari pertemuan keluarga dan makanan yang berlemak serta mengandung kolesterol. Program diet yang tadinya berjalan mulus seketika berantakan.

Opor ayam, rendang, sayur labu, bebek cabai hijau atau makanan berlemak lainnya adalah penyebab dari naiknya berat badan. Belum lagi beragam kue-kue kering yang terbuat dari margarin, butter, gula dan keju bisa menjadi timbunan lemak di dalam tubuh. Jangan sampai tubuh Anda justru menggemuk setelah mengurangi makan dan minum selama sebulan penuh.

Banyak di antara kita yang naik berat badannya setelah liburan panjang, termasuk setelah musim libur Lebaran seperti sekarang ini. Apakah Anda juga mengalaminya? Nah, untuk mencegah berat badan Anda bertambah selama liburan.

Tips agar berat badan tidak bertambah selama liburan :

1. Siasati Pilihan Makanan
Seperti yang sudah disebutkan di atas, banyak sekali makanan tinggi kalori, karbohidrat, dan lemak yang disajikan selama Lebaran. Oleh karena itu, siasati dengan cara menghindari kuah santan dari rendang, opor, gulai, dan lainnya, cukup konsumsi dagingnya saja. Selain itu, konsumsilah daging ayam tanpa kulitnya atau daging sapi tanpa lemaknya. Pilih juga makanan yang tidak digoreng, tapi bisa pilih yang di-steam, direbus, dipanggang, dan sebagainya.

2. Hidangkan Menu Sehat
Tambahkan makanan sehat dalam menu Lebaran Anda, misalnya sup sehat berisi sayuran, gado-gado, ayam bakar, pepes ikan, dan sebagainya. Selain itu, hidangkan juga buah, misalnya dalam bentuk buah potong, salad buah, dan lain-lain. Buah dan sayur adalah menu wajib bagi Anda meskipun menu khas Lebaran seringkali minim akan makanan-makanan ini.

3. Banyak Minum Air Putih
Daripada memilih soft drink, sirup, punch, atau minuman manis dan berkalori tinggi lainnya, lebih baik perbanyak minum air putih yang lebih sehat dan menyegarkan.

4. Sedikit Tapi Sering
Setelah Lebaran, kebanyakan orang mengalami kesulitan untuk kembali ke pola makan 5-6 kali sehari seperti yang biasa dilakukan. Untuk itu, sebisa mungkin kuatkan niat Anda untuk menjaga berat badan selama liburan ini dengan mengatur porsi makan Anda menjadi lebih kecil tapi dengan frekuensi lebih sering. Hindari makan dalam porsi besar sekaligus, karena selain membuat berat badan Anda bertambah tapi juga mengganggu pencernaan Anda.

5. Tetap Aktif
Berolahraga teratur selama liburan memang menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Meskipun kesibukan untuk berkunjung ke rumah kerabat dan sanak saudara sangat menyita waktu Anda, tapi tetap luangkanlah waktu untuk berolahraga teratur, minimal 30 menit sehari. Anda bisa jalan cepat atau jogging di pagi hari untuk menjaga metabolisme tubuh tetap aktif.

Firman

Jumlah posting : 123
Points : 367
Reputation : 0
Registration date : 05.06.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik