Latest topics
» Menjaga Hati
Fri Jan 19, 2018 4:45 pm by sendi

» Jangan abaikan keluhan tubuh
Tue Jan 09, 2018 3:43 pm by sendi

» Waspada Kolesterol
Mon Jan 08, 2018 5:06 pm by sendi

» Tahun baru dan diabetes
Tue Jan 02, 2018 9:25 pm by sendi

» batas aman gula dan garam
Sat Dec 23, 2017 12:03 pm by sendi

» Untuk DM dan hipertensi, jaga kesehatan di akhir tahun
Thu Dec 21, 2017 4:32 pm by sendi

» Yuk buat resolusi sehat 2018
Tue Dec 19, 2017 5:45 pm by sendi

» yang hitam jangan dimakan
Wed Dec 13, 2017 5:31 pm by sendi

» Selain Kalsium, Vitamin ini Juga Penting untuk Osteoporosis
Mon Dec 11, 2017 11:13 am by Opterone

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Makroangiopati & Mikroangipati

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Makroangiopati & Mikroangipati

Post  sendi on Fri Oct 24, 2014 6:53 am

Masih menyambung topik yang lalu mengenai komplikasi DM, ada baiknya mengetahui 2 jenis komplikasi utama yaitu mikroangiopati dan makroangiopati. Mikroangipati, kerusakan pada pembuluh darah kecil menyebabkan kerusakan ginjal (nefrofati), kerusakan saraf (neuropati) dan kerusakan retina (retinopati), Sebaliknya makroangipati terjadi kelainan pada pembuluh darah besar yang dapat menyebabkan penderita mengalamai gangguan jantung dan stroke.

Gangguan fungsi penglihatan bukan hanya retinopati saja seperti yang diulas pada topik sebelumnya namun juga dapat menyebabkan katarak, glaukoma, dan radang kelopak mata. Penderita DM baik yang tipe 1 atau 2 memiliki resiko yang sama terkena komplikasi ini. Meski tak terjadi dalam waktu yang singkat penderita perlu wasapada dalam kurun waktu 5 tahun gangguan penglihatan mulai terjadi. Awalnya tanpa gejala, sehingga seseorang tak menyadarinya, ketika sudah dirasakan ada gangguan ternyata sudah mencapai tahap stadium lanjut . oleh karena itu ada baiknya untuk mengetahui lebih dini dengan memeriksakan mata secara berkala setiap tahun.

Komplikasi muncul karena gula darah tak stabil melonjak tinggi tak terkendali kadang tanpa disadari. Jika tidak diatasi dalam jangka waktu panjang inilah yang dapat mengganggu kinerja organ tubuh seseorang. Kembali kepada pengendalian DM bahwa jenis, jumlah dan jadwal makan memang harus diperhatikan dengan benar. Selain itu aktifitas fisik atau olahraga teratur dapat mengendalikan kadar gula darah. Sosialisasi juga diperlukan untuk mengendalikan emosi ketika emosi baik dan tekanan darah normal maka kualitas hidup penderita DM pun akan turut membaik.

Hidup berdamai dengan Diabetes bisa dilakukan ....

Bersambung...

sendi

Jumlah posting : 830
Points : 2367
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik