Latest topics
» yang dipantang ketika sedang diet
Tue Jul 11, 2017 2:37 pm by sendi

» Ayo cek kesehatan setelah lebaran
Tue Jul 04, 2017 5:05 pm by sendi

» Jaga pola makan di hari raya
Sun Jun 25, 2017 2:49 pm by sendi

» Tips Mudik Aman bagi pengidap DM
Wed Jun 21, 2017 3:48 pm by sendi

» Perhatikan Kesehatan saat mudik dengan cermat
Mon Jun 19, 2017 4:11 pm by sendi

» Sahur, haruskah makan lebih banyak ?
Thu Jun 08, 2017 5:00 pm by sendi

» Menu bersantan, amankah ?
Wed Jun 07, 2017 5:52 pm by sendi

» Vitamin Mineral Penting saat Puasa
Mon Jun 05, 2017 4:18 pm by sendi

» Vit C dan Kepadatan Tulang
Sat Jun 03, 2017 11:46 pm by felixia28

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Konsumsi sayur apa untungnya ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Konsumsi sayur apa untungnya ?

Post  sendi on Sun Feb 08, 2015 2:48 pm

Sayur yang sudah lama kita kenal sebagai bagian dari makanan orang Indonesia kini kembali digagas dan digiatkan untuk dikonsumsi kembali. Tak lain dan tak bukan karena sayur berperan besar untuk membangun kesehatan pencernaan dan pada akhirnya kesehatan menyeluruh karena daya tahan tubuh yang baik bermula dari pencernaan. Apa untungnya makan sayur ? Info ringkas kali ini akan mengulas yang ringan namun mungkin menjadi inspirasi bagi anda yang hendak meningkatkan konsumsi makanan sehat di awal tahun ini .

Jika boleh dibilang keuntungan dari makan sayur (atau sayuran mentah) inilah dia :
1. Kaya enzim
Kandungan enzim alami dalam makanan mentah mudah dicerna oleh tubuh dan ramah terhadap sistem pencernaan.
2. Nutrisi tak hilang
Dalam pengolahan makanan menggunakan panas akan terjadi kehilangan zat gizi atau kerusakan zat gizi sehingga tak optimal lagi. Dengan mengonsumsi makanan mentah nutrisi tak hilang, juga tak ada karsinogenik akibat pengolahan makanan.
3. Antioksidan
Warna warni makanan mentah merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, semakin beragam semakin baik dikonsumsi.
4. Mengurangi konsumsi garam
Saat sayuran diolah menjadi masakan maka akan ada penambahan garam untuk menguatkan rasa . Konsumsi sayuran mentah akan mengurangi konsumsi garam sehingga lebih ramah terutama untuk mereka yang beresiko hipertensi.
5. Memberikan rasa kenyang lebih lama
Mengonsumsi sayur yang kaya akan serat akan memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk makan dapat ditekan, baik untuk mereka yang berniat menurunkan berat badan untuk memperbanyak mengonsumsi sayur. Kalorinya rendah seratnya tinggi. Meski dimakan dalam jumlah banyak tak akan menaikan berat badan secara significant
6. Hemat waktu, hemat biaya
Makanan mentah tak perlu melalui proses pengolahan, simple mudah dikonsumsi menghemat biaya pula

Namun makanan mentah perlu dicermati agar karena dalam makanan mentah juga tersembunyi kuman yang apabila tak dicermati dapat merugikan kesehatan. Sayuran mentah perlu dicuci bersih sebelum dikonsumsi. Apabila memungkinkan konsumsi makanan organic lebih baik karena lebih terjamin karena bebas pestisida .
Salah satu makanan mentah yang kaya gizi adalah Spirulina Pacifica. Kandungan gizinya meliputi asam amino esensial, asam lemak esensial, vitamin , mineral dan antioksidan. Pigmen alaminya berwarna hijau , kuning, jingga dan biru ( klorofil, xantofil, betacaroten dan phycocyanin).  Keunnggulan spirulina pacifica sebagai makanan kesehatan telah banyak dirasakan oleh mereka yang mengonsumsi secara teratur. Sebagai makanan kaya serat yang baik untuk kesehatan hingga membantu membangun daya tahan tubuh yang lebih baik hingga meningkatkan stamina bagi mereka yang gemar berolahraga .

Konsumsi Spirulina 10-15 tab setiap hari cukup untuk membangun kesehatan yang lebih baik untuk sekarang dan di waktu yang akan datang.

sendi

Jumlah posting : 801
Points : 2278
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik