Latest topics
» Jangan abaikan keluhan tubuh
Tue Jan 09, 2018 3:43 pm by sendi

» Waspada Kolesterol
Mon Jan 08, 2018 5:06 pm by sendi

» Tahun baru dan diabetes
Tue Jan 02, 2018 9:25 pm by sendi

» batas aman gula dan garam
Sat Dec 23, 2017 12:03 pm by sendi

» Untuk DM dan hipertensi, jaga kesehatan di akhir tahun
Thu Dec 21, 2017 4:32 pm by sendi

» Yuk buat resolusi sehat 2018
Tue Dec 19, 2017 5:45 pm by sendi

» yang hitam jangan dimakan
Wed Dec 13, 2017 5:31 pm by sendi

» Selain Kalsium, Vitamin ini Juga Penting untuk Osteoporosis
Mon Dec 11, 2017 11:13 am by Opterone

» Jika terlambat makan ini resikonya
Wed Dec 06, 2017 3:44 pm by sendi

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Diabetes & Puasa

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Diabetes & Puasa

Post  sendi on Sat Jun 20, 2015 1:37 pm

Sejatinya di bulan Ramadhan ini semua orang ingin menjalani puasa dengan penuh, namun karena alasan kesehatan ada sebagian orang yang perlu waspada karena alasan kesehatan ketika berpuasa. Salah satunya adalah penyandang diabetes. Bukan berarti semua penyandang diabetes tidak dapat berpuasa namun mereka yang mengalami berbagai resiko komplikasi perlu untuk berkonsultasi dengan ahli medis ketika akan menjalankan puasa.
Tips ringan sehat berikut ini dapat digunakan bagi mereka penyandang diabetes dengan resiko komplikasi
1. Hipoglikemia
Sering diulas dalam forum ini bahwa hipoglikemia dapat berakibat fatal jika tak segera ditangani. Jika penderita DM ketika berpuasa mengalami keringat dingin,lemas, gemetar karena alasan kesehatan gula darah dibawah 70 mg/dl dapat membatalkan puasa dan segera minum minuman manis atau jus buah. Lalu makanlah secukupnya. Jika gula darah tak kunjung naik segera konsultasi ke dokter

2. Ketoasidosis (Kondisi ini terutama rentan terjadi pada diabetes tipe 1, karena saat berpuasa terjadi pengurangan dosis insulin. Gula darah yang tidak terkontrol jelang puasa juga bisa menimbulkan risiko ketoasidosis.
Lakukan ini: Kontrol kadar gula darah setidaknya satu sampai dua bulan menjelang puasa. Gunakan insulin sesuai dosis yang dianjurkan dokter. Jika Anda memakai insulin lebih dari dua kali dalam sehari, sebaiknya tidak melakukan puasa.

3. Dehidrasi yang tidak hanya dialami penderita DM. Siasati dengan minum air yang cukup sejak berbuka hingga waktu tidur dan saat sahur hingga menjelang imsak agar kebutuhan air tercukupi. Perbanyak air putih lebih baik dan tidak disarankan untuk minum minuman bersoda / soft drink bagi penyandang diabetes karena mengandung gula yang tinggi.

JIka gula darah penyandang diabetes dapat dikelola dengan baik artinya tidak turun drastis ataupun melonjak tinggi dan tak terkendali sejatinya puasa Ramadhan dapat dijalani hanya saja perlu waspada apabila sewaktu-waktu mengalami gejala hipoglikemia dapat segera ditangani.

Bagi lansia penyandang diabetes ada baiknya berkonsultasi dengan ahli gizi ataupun dokter dalam menjalankan puasa agar segala niat baik di bulan Ramadhan ini selaras dengan kesehatan yang juga terjaga dengan baik.

Berpuasa dengan menjaga emosi ternyata juga baik untuk mengendalikan gula darah, ataupun tekanan darah.

sendi

Jumlah posting : 829
Points : 2364
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik