Latest topics
» Peduli Terhadap Kesehatan Kulit? Ingat Selalu Produk Luxor
Mon Feb 19, 2018 11:14 am by Opterone

» pilih pilih sumber protein
Sat Feb 17, 2018 3:31 pm by sendi

» Makan Seimbang dan Jangan Lupakan Spirulina Pacifica
Wed Feb 14, 2018 1:36 pm by Opterone

» Manfaat Ex-tar C Plus yang Mungkin Belum Anda Ketahui
Wed Feb 14, 2018 1:32 pm by Opterone

» Hoisom, Imlek dan Kesehatan
Tue Feb 13, 2018 4:52 pm by sendi

» 6 langkah baik untuk kesehatan keluarga
Fri Feb 09, 2018 12:16 pm by sendi

» Yang baik untuk penderita Diabetes
Wed Feb 07, 2018 4:21 pm by sendi

» Terhindar dari Penyakit Jantung Akibat Diabetes? Ini Jawaban
Mon Feb 05, 2018 2:48 pm by Opterone

» Gout dan Sayuran Hijau?
Mon Feb 05, 2018 2:44 pm by Opterone

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Mau Olahraga Saat Puasa?

Go down

Mau Olahraga Saat Puasa?

Post  Firman on Thu Jun 25, 2015 11:46 am

Berpuasa adalah kewajiban sekaligus tantangan, Anda dituntut untuk tetap berkarya selagi berpuasa. Namun, bagi Anda yang ingin memiliki tubuh atletis ideal, tantangan Anda “naik” satu tingkat, Anda harus tetap berolahraga selama berpuasa, sementara Anda takut “olahraga” akan membatalkan puasa Anda, atau membuat Anda sangat letih hingga tidak bisa berolahraga.

Melakukan ibadah puasa bukan berarti harus mengurangi aktivitas fisik dengan alasan akan membuat tubuh bertambah lemas. Pasalnya, olahraga saat puasa sah-sah saja dilakukan asal dengan cara yang benar.
Olahraga saat puasa sebaiknya dilakukan pada sore hari menjelang berbuka puasa alias 2 - 1,5 jam sebelum berbuka puasa. Supaya energi yang terpakai pada saat berolahraga dapat segera terganti sesudah buka puasa. Kalau olahraga saat puasa dilakukan pagi atau siang hari dikhawatirkan akan mengganggu proses berpuasa, karena harus mengeluarkan energi.

Apa saja olahraga yang bisa dilakukan saat puasa? “Olahraga saat puasa sebaiknya pilih yang bersifat aerobik dengan menggunakan otot besar tubuh, dilakukan ritmis dan berkesinambungan, dan bertujuan meningkatkan kebugaran kardiorespirasi. Mulai dari bersepeda, jalan, senam aerobik, jogging, treadmill.

jangan lupa selalu lakukan pemanasan, peregangan awal, serta pendinginan dan peregangan akhir. Gerakan yang dilakukan saat peregangan awal dan akhir adalah kegiatan stretching.

Strategi mencegah menurunnya kualitas olahraga tanpa mengorbankan puasa kita, sebenarnya sederhana: pertahankan frekuensi dan intensitas latihan, namun kurangi bebannya hingga 40%-60%. Maksudnya adalah, jika kita rutin ke gym lima kali seminggu, maka tetaplah pergi ke gym lima kali seminggu selama bulan puasa. Bila kita berlatih lima gerakan dalam satu hari, maka tetap lakukan lima gerakan tersebut. Namun, kurangi beban yang Anda gunakan hingga 40-60% dari beban biasa untuk mencegah kelelahan yang berlebihan.

Olahraga menjelang waktu berbuka merupakan waktu yang paling tepat, ini karena setelah usai berolahraga, orang bisa langsung minum dan mengganti cairan yang hilang setelah berpuasa ditambah dengan olahraga. Energi yang menurun pun akan segera tergantikan dengan makanan manis, misalnya buah kurma, yang dimakan di waktu buka puasa.

Penggantian cairan dan energi ini penting supaya fungsi tubuh tetap terjaga. Bila jarak waktu penggantian terlalu lama sejak tubuh mulai defisit cairan dan energi, maka gangguan-gangguan tentu akan terjadi, seperti penurunan kemampuan berpikir, lemas, hingga pingsan.

selamat berolahraga di bulan Ramadhan !

Firman

Jumlah posting : 123
Points : 367
Reputation : 0
Registration date : 05.06.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik