Latest topics
» Kromium kendalikan Kolesterol
Thu Jan 19, 2017 5:56 pm by Firman

» Pentingnya Glukosamin Si Pelumas Sendi
Tue Jan 17, 2017 4:48 pm by Firman

» Manfaat Polisakarida dalam Spirulina Pacifica
Sat Jan 14, 2017 12:11 pm by Firman

» Vitamin C atau Asam Askorbat
Fri Jan 13, 2017 5:24 pm by Firman

» Meringankan Asma dengan Omega 3
Thu Dec 22, 2016 4:01 pm by Firman

» Tips Memilih Suplemen Minyak Ikan yang Berkualitas
Thu Dec 15, 2016 11:46 am by Firman

» Bahaya Logam Berat Bagi Kesehatan ( Bag 2)
Wed Dec 07, 2016 2:14 pm by Firman

» Bahaya Logam Berat Bagi Kesehatan ( Bag 1)
Fri Dec 02, 2016 2:32 pm by Firman

» SOD Alami
Thu Dec 01, 2016 4:55 pm by Firman

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Mau Olahraga Saat Puasa?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mau Olahraga Saat Puasa?

Post  Firman on Thu Jun 25, 2015 11:46 am

Berpuasa adalah kewajiban sekaligus tantangan, Anda dituntut untuk tetap berkarya selagi berpuasa. Namun, bagi Anda yang ingin memiliki tubuh atletis ideal, tantangan Anda “naik” satu tingkat, Anda harus tetap berolahraga selama berpuasa, sementara Anda takut “olahraga” akan membatalkan puasa Anda, atau membuat Anda sangat letih hingga tidak bisa berolahraga.

Melakukan ibadah puasa bukan berarti harus mengurangi aktivitas fisik dengan alasan akan membuat tubuh bertambah lemas. Pasalnya, olahraga saat puasa sah-sah saja dilakukan asal dengan cara yang benar.
Olahraga saat puasa sebaiknya dilakukan pada sore hari menjelang berbuka puasa alias 2 - 1,5 jam sebelum berbuka puasa. Supaya energi yang terpakai pada saat berolahraga dapat segera terganti sesudah buka puasa. Kalau olahraga saat puasa dilakukan pagi atau siang hari dikhawatirkan akan mengganggu proses berpuasa, karena harus mengeluarkan energi.

Apa saja olahraga yang bisa dilakukan saat puasa? “Olahraga saat puasa sebaiknya pilih yang bersifat aerobik dengan menggunakan otot besar tubuh, dilakukan ritmis dan berkesinambungan, dan bertujuan meningkatkan kebugaran kardiorespirasi. Mulai dari bersepeda, jalan, senam aerobik, jogging, treadmill.

jangan lupa selalu lakukan pemanasan, peregangan awal, serta pendinginan dan peregangan akhir. Gerakan yang dilakukan saat peregangan awal dan akhir adalah kegiatan stretching.

Strategi mencegah menurunnya kualitas olahraga tanpa mengorbankan puasa kita, sebenarnya sederhana: pertahankan frekuensi dan intensitas latihan, namun kurangi bebannya hingga 40%-60%. Maksudnya adalah, jika kita rutin ke gym lima kali seminggu, maka tetaplah pergi ke gym lima kali seminggu selama bulan puasa. Bila kita berlatih lima gerakan dalam satu hari, maka tetap lakukan lima gerakan tersebut. Namun, kurangi beban yang Anda gunakan hingga 40-60% dari beban biasa untuk mencegah kelelahan yang berlebihan.

Olahraga menjelang waktu berbuka merupakan waktu yang paling tepat, ini karena setelah usai berolahraga, orang bisa langsung minum dan mengganti cairan yang hilang setelah berpuasa ditambah dengan olahraga. Energi yang menurun pun akan segera tergantikan dengan makanan manis, misalnya buah kurma, yang dimakan di waktu buka puasa.

Penggantian cairan dan energi ini penting supaya fungsi tubuh tetap terjaga. Bila jarak waktu penggantian terlalu lama sejak tubuh mulai defisit cairan dan energi, maka gangguan-gangguan tentu akan terjadi, seperti penurunan kemampuan berpikir, lemas, hingga pingsan.

selamat berolahraga di bulan Ramadhan !

Firman

Jumlah posting : 109
Points : 325
Reputation : 0
Registration date : 05.06.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik