Latest topics
» Jaga pola makan di hari raya
Sun Jun 25, 2017 2:49 pm by sendi

» Tips Mudik Aman bagi pengidap DM
Wed Jun 21, 2017 3:48 pm by sendi

» Perhatikan Kesehatan saat mudik dengan cermat
Mon Jun 19, 2017 4:11 pm by sendi

» Sahur, haruskah makan lebih banyak ?
Thu Jun 08, 2017 5:00 pm by sendi

» Menu bersantan, amankah ?
Wed Jun 07, 2017 5:52 pm by sendi

» Vitamin Mineral Penting saat Puasa
Mon Jun 05, 2017 4:18 pm by sendi

» Vit C dan Kepadatan Tulang
Sat Jun 03, 2017 11:46 pm by felixia28

» Jangan lewatkan sahur
Mon May 29, 2017 6:06 pm by sendi

» Menyambut Ramadhan
Wed May 24, 2017 5:18 pm by sendi

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Olahraga bagi Diabetesi

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Olahraga bagi Diabetesi

Post  sendi on Wed Jul 01, 2015 3:35 pm

Puasa & Olahraga bagi penderita Diabetesi

Olahraga saat puasa ? Jika waktu tersedia mengapa tak dilakukan ? Ya olahraga saat puasa boleh saja dilakukan bahkan bukan sekedar menunggu waktu berbuka namun memang sangat baik untuk menjaga kebugaran dan membantu pengendalian gula darah khususnya bagi mereka penderita Diabetes. Tentu saja olahraga jenis dan waktu nya harus diperhitungkan dengan benar. Hal ini karena olahraga dapat menyebabkan dehidrasi dan kekentalan darah, darah yang kental dapat menyebabkan komplikasi pada penderita diabetes seperti ketoasidosis atau keracunan

Lalu kapan baiknya melakukan olahraga ? Ya , waktu paling baik melakukan olahraga saat puasa menjelang maghrib atau disore hari. Namun kembali perlu diingat bahwa ketika sore hari gula darah telah menurun jangan sampai olahraga yang tak terkendali justru semakin menurunkan kadar gula darah sehingga menyebabkan hipoglikemia. Pillihan paling tepat adalah 1 jam sebelum berbuka. Olahraga ringan dapat dilakukan seperti senam diabetes, jalan kaki / jogging , atau senam kaki diabetes. Olahraga berat yang menguras tenaga seperti badminton, aerobic, tenis sebaiknya dihindari mengingat kondisi kesehatan penderita DM dan resiko hipoglikemia. Olaharaga juga dapat dilakukan setelah sahur atau satu jam setelah sahur. Untuk senam kaki melatih otot dan saraf dapat dilakukan di sela-sela waktu senggang setelah shalat tarawih atau setelah sahur.

Bagi penderita Diabetes ketika berpuasa sedapat mungkin menjaga pola makan agar gula darah tidak melonjak naik ketika berbuka dengan banyak ragam makanan yang tak dibatasi. Es teh ada baiknya diganti dengan jus buah, atau buah potong yang selain cepat menaikan gula darah juga mengandung zat gizi lain yang tak terdapat di dalam segelas es teh.

Olahraga bagi penderita diabetes ? boleh saja asalkan tepat waktu dan tepat jenis sehingga tidak merugikan kesehatan . Selamat berolahraga dan melanjutkan puasa Ramadhan yang penuh berkah.

sendi

Jumlah posting : 799
Points : 2272
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik