Latest topics
» Menjaga Hati
Fri Jan 19, 2018 4:45 pm by sendi

» Jangan abaikan keluhan tubuh
Tue Jan 09, 2018 3:43 pm by sendi

» Waspada Kolesterol
Mon Jan 08, 2018 5:06 pm by sendi

» Tahun baru dan diabetes
Tue Jan 02, 2018 9:25 pm by sendi

» batas aman gula dan garam
Sat Dec 23, 2017 12:03 pm by sendi

» Untuk DM dan hipertensi, jaga kesehatan di akhir tahun
Thu Dec 21, 2017 4:32 pm by sendi

» Yuk buat resolusi sehat 2018
Tue Dec 19, 2017 5:45 pm by sendi

» yang hitam jangan dimakan
Wed Dec 13, 2017 5:31 pm by sendi

» Selain Kalsium, Vitamin ini Juga Penting untuk Osteoporosis
Mon Dec 11, 2017 11:13 am by Opterone

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


kenali serangan asam urat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

kenali serangan asam urat

Post  sendi on Wed Jul 15, 2015 4:25 pm

Hari raya kemenangan segera tiba, meriahnya hari raya jangan sampai membuat sakit asam urat muncul akibat hidangan yang luar biasa ragamnya. Ya, bagi penderita asam urat tinggi ada baiknya hati-hati menyantap makanan pesta seperti makanan hewani yang tinggi purin termasuk di dalamnya makanan yang tergolong nikmat seperti otak, paru atau jeroan yang diolah dalam berbagai rupa.

Bagaimana menyiasati makan enak tapi asam urat tidak kumat ? Bisa saja asalkan dapat membatasi diri mengonsumsi makanan nan nikmat tersebut. Pada edisi yang lalu pernah dibahas mengenai batas nilai asam urat dan makanan yang disarankan. Jika asam urat sudah dalam batas ambang maka semakin banyak makanan yang dipantang diantaranya makanan hewani, termasuk di dalamnya melinjo, dan beberapa jenis sayuran. Namun jika asam urat masih dibawah 4 maka jenis makanan yang lezat tersebut masih bisa dicoba dinikmati di hari raya ini.
Bagaimana mengenal serangan asam urat ?

Sendi yang tiba-tiba terasa sangat sakit (terutama sendi jempol kaki) merupakan gejala penyakit asam urat atau penyakit gout yang paling umum. Seringkali penderita penyakit ini kesulitan untuk berjalan akibat rasa sakit yang sangat mengganggu. Meski dapat muncul kapan saja, gejala seringkali terasa di malam hari. Selain gejala yang disebut di atas, gejala penyakit asam urat lainnya adalah:

 Pembengkakan di dalam dan di sekitar sendi yang mengalami radang.
 Kulit di atas sendi yang terlihat memerah dan mengilap.
 Rasa sakit yang tidak tertahankan terutama ketika sendi tersentuh benda apa pun,
 Saat radang pada sendi mereda, kulit pada area tersebut terlihat mengelupas dan terasa gatal.

Sendi-sendi yang sering mengalami serangan penyakit asam urat
Sendi-sendi yang terletak di ujung anggota badan bersifat rentan terkena serangan penyakit asam urat, terutama jempol kaki. Serangan pada bagian tersebut dialami sekitar tujuh puluh persen penderita untuk pertama kalinya,dan sebagian besar merasakan sakit di beberapa titik jempol kaki mereka.
Kendati begitu, penyakit asam urat dapat menyerang sendi mana pun dan bisa menyerang lebih dari satu sendi dalam waktu bersamaan, terlebih jika tidak diobati. Selain jempol kaki, sendi-sendi yang rawan serangan penyakit asam urat adalah:
 Pergelangan kaki
 Kaki bagian tengah
 Lutut
 Pergelangan tangan
 Jari tangan
 Siku

Pola gejala penyakit asam urat
Sebanyak enam dari sepuluh penderita mengalami serangan berulang dalam kurun satu tahun. Meski penderita bisa mengalami kambuh tiap beberapa minggu, bulan, atau tahun, namun kapan terjadinya serangan penyakit asam urat sulit diprediksi.
Biasanya gejala berkembang secara cepat dalam tempo beberapa jam dan berlangsung selama tiga hingga sepuluh hari. Setelah itu, rasa sakit dan tidak nyaman pada sendi akan berangsur-angsur menghilang dan sendi akan normal kembali.
Ada beberapa penderita yang mungkin hanya merasakan serangan penyakit asam urat beberapa kali saja dalam hidup mereka. Namun pada sebagian besar penderita lainnya, serangan makin meningkat dari waktu ke waktu, dan bahkan bisa menyerang sendi-sendi yang baru.

( dari berbagai sumber )

sendi

Jumlah posting : 830
Points : 2367
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik