Latest topics
» yang dipantang ketika sedang diet
Tue Jul 11, 2017 2:37 pm by sendi

» Ayo cek kesehatan setelah lebaran
Tue Jul 04, 2017 5:05 pm by sendi

» Jaga pola makan di hari raya
Sun Jun 25, 2017 2:49 pm by sendi

» Tips Mudik Aman bagi pengidap DM
Wed Jun 21, 2017 3:48 pm by sendi

» Perhatikan Kesehatan saat mudik dengan cermat
Mon Jun 19, 2017 4:11 pm by sendi

» Sahur, haruskah makan lebih banyak ?
Thu Jun 08, 2017 5:00 pm by sendi

» Menu bersantan, amankah ?
Wed Jun 07, 2017 5:52 pm by sendi

» Vitamin Mineral Penting saat Puasa
Mon Jun 05, 2017 4:18 pm by sendi

» Vit C dan Kepadatan Tulang
Sat Jun 03, 2017 11:46 pm by felixia28

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Hipertensi pada remaja, mungkinkah ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Hipertensi pada remaja, mungkinkah ?

Post  sendi on Mon Dec 07, 2015 2:41 pm

Hipertensi pada remaja

Hipertensi merupakan sebuah gejala penyakit. Hipertensi pada umumnya terjadi pada usia paruh baya hingga lansia. Hipertensi sendiri menjadi sebuah tanda ada yang tak beres pada fungsi organ tubuh seseorang dan resiko lain yang dapat muncul di belakangnya seperti stroke misalnya. Jika hipertensi pada umumnya terjadi pada mereka yang sudah berumur, dapatkah hipertensi terjadi pada usia muda, remaja misalnya ?
Ya, bisa saja hipertensi terjadi di usia muda, penyebabnya antara lain :

- Kegemukan pada usia anak-anak hingga remaja
Pola makan sejak kecil menentukan kondisi kesehatan saat dewasa, Jika kegemukan pada anak tidak segera diatasi maka ketika remaja mereka yang gemuk di usia anak-anak berpotensi mengalami obesitas di usia remaja
- Stress berlebihan
Tingkat stress pada remaja memang berbeda, penyebabnya bisa jadi lebih spesifik dibandingkan dengan orang dewasa yang lebih kompleks penyebabnya. Namun tingkat stress yang berat dapat memicu tekanan darah meningkat
- Riwayat keluarga
Mereka yang memiliki riwayat keluarga yang mengalami hipertensi memiliki resiko menderita hal yang sama dua kali lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak ada riwayat hipertensi dalam keluarganya . Hal yang mempengaruhi ini terdapat pada konsumsi garam, dan rokok.

Pencegahan
Hipertensi pada anak dan remaja sejatinya dapat dicegah sejak dini dengan upaya prefentif yang dilakukan oleh orangtua. Membiarkan kegemukan pada anak dimulai dari kebiasaan harian yang seringkali tidak disadari seperti mengonsumsi makanan dengan lemak berlebih, tinggi garam dan makan sambil menonton televisi.
Menunda mengenalkan pada anak makanan / minuman tinggi gula dan garam sehingga rasa natural lebih akrab di lidah anak rasa natural adalah rasa asli pada makanan dari sayur atau buah.
Ketika anak beranjak remaja anak dapat dikenalkan dengan resiko gangguan kesehatan akibat pola makan yang keliru sehingga sejak dini anak dapat mengetahui resiko dari gangguan kesehatan yang muncul.

Solusi
Makanan sehat sejatinya adalah makanan yang dipersiapkan dengan baik dari rumah yang berasal dari bahan-bahan terbaik. Menyiapkan dan menyantap makanan dari rumah membuat ikatan antar keluarga menjadi lebih erat . Makanan sehat merupakan makanan dari sumber bahan pangan beragam yang sesuai dengan usia, dan aktifitas anggota keluarga. Warna warni makanan dalam sehari sebaiknya turut diperhatikan karena berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Ada baiknya menyiapkan Excel pack di keluarga untuk dikonsumsi bersama seperti Jeli gamat, Spirulina Pacifica, Extar C Plus dan Vitaluxor. Pagi dan sore Excel pack dapat dikonsumsi mulai dari anak –lansia. Investasi kesehatan anda di kemudian hari berawal dari hari ini,.

sendi

Jumlah posting : 801
Points : 2278
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik