Latest topics
» Kromium kendalikan Kolesterol
Yesterday at 5:56 pm by Firman

» Pentingnya Glukosamin Si Pelumas Sendi
Tue Jan 17, 2017 4:48 pm by Firman

» Manfaat Polisakarida dalam Spirulina Pacifica
Sat Jan 14, 2017 12:11 pm by Firman

» Vitamin C atau Asam Askorbat
Fri Jan 13, 2017 5:24 pm by Firman

» Meringankan Asma dengan Omega 3
Thu Dec 22, 2016 4:01 pm by Firman

» Tips Memilih Suplemen Minyak Ikan yang Berkualitas
Thu Dec 15, 2016 11:46 am by Firman

» Bahaya Logam Berat Bagi Kesehatan ( Bag 2)
Wed Dec 07, 2016 2:14 pm by Firman

» Bahaya Logam Berat Bagi Kesehatan ( Bag 1)
Fri Dec 02, 2016 2:32 pm by Firman

» SOD Alami
Thu Dec 01, 2016 4:55 pm by Firman

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Sudah cukupkah kebutuhan vitamin B12 anda ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Sudah cukupkah kebutuhan vitamin B12 anda ?

Post  Firman on Wed Apr 06, 2016 10:49 am

Vitamin B-12 juga dikenal dengan nama cobalamin, adalah yang terbesar dan merupakan vitamin yang paling kompleks. Vitamin B12 adalah vitamin yang larut dalam air, Kekurangan sedikit vitamin B-12 dapat menyebabkan anemia, kelelahan, dan depresi, sedangkan jika  kekurangan kekurangan vitamin terjadi dalam waktu yang cukup lama, maka akan mengakibatkan masalah yang serius seperti kerusakan permanen pada otak dan sistem saraf pusat.

Kekurangan vitamin B12 dapat terjadi jika Anda mengalami salah satu dari beberapa kondisi di bawah ini:

• Berusia diatas 50 tahun (wanita lebih sering).
• Gastritis atropi (lapisan perut yang menipis).
• Anemia pernisiosa, yakni tubuh kesulitan menyerap vitamin B12.
• Pembedahan yang menghilangkan atau mengangkat bagian dari perut atau usus kecil, termasuk pembedahan untuk menurunkan berat badan.
• Penyakit yang mempengaruhi usus kecil, seperti penyakti Crohn, penyakti celiac, pertumbuhan bakteri atau parasit.
• Kebiasaan minum alkohol.
• Gangguan sistem kekebalan tubuh, seperti penyakit Graves' atau lupus.

Menggunakan beberapa jenis obat-obatan juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin B12, seperti metformin (obat diabetes), colchicine, neomycin, beberapa jenis antikonvulsan yang digunakan untuk mengobati epilepsi, dan obat penetral asam seperti antasida (obat maag) karena asam lambung juga diperlukan dalam penyerapan vitamin B12.

Selain itu, seorang vegetarian, yang mana tidak mengonsumsi makanan hewani, juga berisiko tinggi kekurangan vitamin B12, karena vitamin B12 tidak ditemukan dalam buah dan sayuran. Bayi yang lahir dari seorang ibu vegetarian juga mungkin kekurangan vitamin B12. Sedangkan bagi orang yang berusia lebih dari 50 tahun, produksi asam lambung mereka juga menurun sehingga menyebabkan menurunnya tingkat penyerapan vitamin B12.

Ada beberapa makanan yang menjadi sumber vitamin B12. Beberapa makanan ini merupakan makanan yang memiliki vitamin B12 yang cukup tinggi. Jenis makanan yang dimaksud adalah kerang kerangan, hati, beberapa jenis ikan, kepiting, udang, kedelai, sereal, daging, susu coklat keju dan telur.

Dosis Vitamin B12

Berapakah dosis vitamin B12 yang direokendasikan?. Untuk kebutuhan vitamin b12 tergantung usia dan kondisi seseorang. Oleh karenanya, untuk mengkonsumsi jenis vitamin ini, terkadang perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Secara umum, Dosis Vitamin B12 yang direkomendasikan untuk balita dengan usia 0-6 bulan adalah 0,4 mikrogram, untuk balita 7-12 bulan 0,5 mcg/ hari, untuk anak anak 1-3 tahun 0,9 mcg / hari,  anak anak 4-8 tahun adalah 1,2 mcg /hari,  usisa 9-13 tahun adalah 1,8 mcg /hari, sementara untuk usia 14 tahun ke atas dosis yang direkomendasikan adalah 2,4 mcg / hari. Selain itu untuk wanita yang sedang hamil juga memiliki dosis tersendiri yaitu 2,6 mcg / hari, dan untuk wanita yang sedang menyusui adalah
2,8 mcg / hari. Meski demikian, ada yang menyebutkan bahwa vitamin B12 tetap aman walau pun dikonsum dalam dosis yang yang lebih tinggi.

Spirulina ialah tumbuhan Mikro Ganggang yang telah hidup sejak 3,6 miliar tahun yang lalu.  Sebagai sumber nutrisi alami, Spirulina memiliki kandungan juga manfaat yang paling lengkap untuk kesehatan dibanding sumber nutrisi lainnya. Spirulina memiliki struktur sel yang sama dengan struktur sel bakteri, yaitu bersifat prokariotik.  Untuk itu, tumbuhan ini termasuk dalam ganggang hijau biru dan merupakan monera.  Ukurannya mikroskopis, umumnya banyak terdapat di perairan tanah yang lembab, dan permukaan dinding tembok, pot, batu karang yang lembab.

Apa saja yang terkandung pada Spirulina?  Vitamin dan mineral lengkap tentunya.  Tumbuhan ini juga termausk satu-satunya yang mengandung vitamin B kompleks terlengkap: B1, B2, B3, B6, dan B12.  Setiap 10 g spirulina mengandung vitamin B1 (thiamin) 0,31 mg, B2 (riboflavin) 0,35 mg, B3 (niacin) 1,46 mg, B6 (pyridoxine) 80 mcg, dan B12 (cobalamine) 32
Lengkapi asupan nutrisi vitamin B12 anda dengan mengkonsumsi Spirulina Pacifica rutin setiap hari dengan kataran 10-20 butir perhari.

Firman

Jumlah posting : 109
Points : 325
Reputation : 0
Registration date : 05.06.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik