Latest topics
» Menjaga Hati
Fri Jan 19, 2018 4:45 pm by sendi

» Jangan abaikan keluhan tubuh
Tue Jan 09, 2018 3:43 pm by sendi

» Waspada Kolesterol
Mon Jan 08, 2018 5:06 pm by sendi

» Tahun baru dan diabetes
Tue Jan 02, 2018 9:25 pm by sendi

» batas aman gula dan garam
Sat Dec 23, 2017 12:03 pm by sendi

» Untuk DM dan hipertensi, jaga kesehatan di akhir tahun
Thu Dec 21, 2017 4:32 pm by sendi

» Yuk buat resolusi sehat 2018
Tue Dec 19, 2017 5:45 pm by sendi

» yang hitam jangan dimakan
Wed Dec 13, 2017 5:31 pm by sendi

» Selain Kalsium, Vitamin ini Juga Penting untuk Osteoporosis
Mon Dec 11, 2017 11:13 am by Opterone

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Makan terlalu larut, apa dampaknya ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Makan terlalu larut, apa dampaknya ?

Post  sendi on Thu Feb 02, 2017 4:44 pm

Sebagian besar dari kita tentu pernah sewaktu-waktu menyantap sepiring nasi goreng hangat di waktu larut malam, atau semangkuk mie ayam super komplit di malam hari disaat hujan seperti sekarang ini, rasanya seperti nikmat tiada tara. Sewaktu-waktu boleh saja, namun ada baiknya tidak menjadi kebiasaan rutin karena ternyata menyantap makannan berat terlalu malam kurang baik untuk kesehatan. Apakah dampaknya hanya masalah berat badan saja ? ternyata tidak ada beberapa point yang perlu menjadi perhatian jika makan terlalu larut menjadi sebuah kebiasaan ini dia ulasan singkatnya.
Berbeda dengan siang hari, makan siang”hukumnya wajib” karena dapat memberikan tambahan energy di pertengahan hari. Apalagi bagi anda yang bekerja dengan beban fisik yang berat maka makan siang tak boleh dilewatkan. Namun makan malam terlalu larut dampak yang dapat terjadi yaitu sebagai berikut :

1. Berat Badan
Asupan makanan di malam hari cenderung tidak digunakan atau dibakar menjadi kalori karena aktifitas malam yang minim. Penumpukan kalori pelan namun pasti apabila tidak diolah atau “dibakar “ maka akan menjadi tabungan berat badan.

2. Kualitas Tidur
Hindari makanan dan minuman berkafein, seperti coklat, kopi, minuman berenergi dan makanan energi lainnya karena bisa membuat Anda sulit tidur dan menyebabkan pusing ringan saat siang hari. Konsumsi alkohol larut malam juga dapat menyebabkan periode panjang insomnia jika Anda minum jumlah berlebihan. Sebagai gantinya untuk meredam rasa lapar oatmeal dapat dikonsumsi dalam porsi yang cukup untuk menahan rasa lapar hingga pagi menjelang. Sebaiknya menghindari makanan pedas karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada perut

3. Asam lambung
Acid Reflux adalah kondisi umum di mana asam lambung naik kembali ke kerongkongan setelah makan. Kondisi ini biasanya disertai dengan rasa mulas atau nyeri seperti terbakar (heartburn) pada bagian tengah dada. Walau tidak setiap saat, kondisi tersebut biasanya terjadi sebagai ‘peringatan’ atas penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease) kronis.
Berbaring setelah makan dapat memicu acid reflux dan gejala GERD lainnya, menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse. Terlalu banyak makan atau mengonsumsi makanan tinggi lemak, berminyak atau asam pada malam hari dapat meningkatkan risiko ini. Oleh karena itu hindari mengonsumsi makanan saat larut malam jika Anda rentan terhadap acid reflux atau heartburn.

4. Nighttime Eating Syndrome
Ada kaitannya dengan depresi, Orang dengan NES kebanyakan mengalami depresi dan makan larut malam karena ketidakseimbangan hormon. Makan larut malam biasanya melibatkan gula dan karbohidrat, yang merupakan makanan pemicu rasa nyaman sehingga dapat mengobati diri sendiri.
Dampak diatas tentu dapat dihindari jika kita makan dengan teratur. Rasa lapar sebenarnya dapat disiasati dengan mengkonsumsi makanan yang ramah bagi kesehatan.

Spirulina Pacifica dapat dikonsumsi 10 tab menjelang tidur malam, memberikan rasa kenyang karena tinggi serat tanpa menimbulkan dampak negative bagi pencernaan. Bonusnya adalah zat gizi esensial yang terkandung dalam Spirulina Pacifica. Jangan lupa minum 2 gelas air beberapa jam sebelum tidur malam.

Ayo semangat baru meningkatkan kualitas kesehatan di awal tahun ini.

sendi

Jumlah posting : 830
Points : 2367
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik