Latest topics
» Telur, Protein dan Jeli Gamat
Thu Mar 16, 2017 4:35 pm by sendi

» Waspadai Bahaya Alergi Makanan
Fri Mar 10, 2017 4:24 pm by Firman

» Cegah Radang Gusi
Thu Mar 09, 2017 4:56 pm by Firman

» Spirulina Pacifica 100% Sehat
Fri Mar 03, 2017 6:43 pm by sendi

» Manfaat garam laut untuk kesehatan
Fri Mar 03, 2017 4:51 pm by Firman

» Makanan Alkali Bagi Tubuh
Tue Feb 28, 2017 4:24 pm by Firman

» Trend sehat Sayuran dan Spirulina
Mon Feb 27, 2017 5:08 pm by sendi

» Waspadai Arthritis Lutut
Thu Feb 23, 2017 4:57 pm by Firman

» Nutrisi Pencegah Hipertensi
Wed Feb 22, 2017 3:16 pm by Firman

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Manfaat Minyak Ikan Bagi Ibu Hamil dan Janin

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Manfaat Minyak Ikan Bagi Ibu Hamil dan Janin

Post  Firman on Fri Feb 03, 2017 4:59 pm


Minyak ikan merupakan lemak yang berasal dari bagian ikan tertentu yang mengandung minyak (berminyak). Minyak ikan mengandung Omega 3, DHA (Docosahexaenoic Acid) dan EPA (Eicosapentaenoic Acid). Oleh karena kandungan penting yang terdapat di dalamnya, minyak ikan dianjurkan dikonsumsi termasuk oleh ibu yang sedang hamil.

Dosis Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil

Sudah sewajarnya jika ibu hamil mengkonsumsi minyak zaitun dengan rutin selama masa kehamilan. Terutama pada trimster akhir (ketiga) masa kehamilan sangat dianjurkan karena pada periode ini otak dan saraf janin sedang berkembang pesat. Dosis yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah sekitar 300 mg DHA per hari (setara 1-3 gram produk minyak ikan). Namun, lebih dianjurkan lagi untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan sebelum ibu mulai mengkonsumsinya agar mendapat arahan yang lebih tepat sesuai dengan kondisi kehamilan ibu.

Adapun manfaat minyak ikan bagi ibu hamil maupun janinnya adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Sistem Saraf Janin

Menurut penelitian, terjadi peningkatan kemampuan dan kekuatan otak, serta kemampuan untuk berbahasa pada anak yang dilahirkan oleh ibu yang pada masa kehamilannya mengkonsumsi minyak ikan. Oleh karena kandungan omega 3 yang ada di dalam minyak ikan membantu meningkatkan sistem saraf pusat selama perkembangan janin selama masih dalam kandungan.

2. Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Kandungan penting lainnya yang terdapat di dalam minyak ikan adalah DHA (Docosahexaenoic Acid). DHA penting untuk pertumbuhan otak, mata dan sistem saraf pusat juga untuk meningkatkan kecerdasan bayi bahkan sampai ia terlahir nanti.

3. Mengurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi

Risiko terjadinya tekanan darah tinggi memang tidak hanya dialami oleh orang biasa tapi juga pada ibu hamil karena, berbagai faktor termasuk fisik dan mental. Mengkonsumsi minyak ikan yang mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh membantu menjaga keseimbangan aliran dan tekanan darah sehingga membantu mencegah ibu hamil mengalami hipertensi dalam kehamilan.

4. Mencegah Prematuritas

Risiko terjadinya kelahiran sebelum usia kehamilan yang matang memang bisa terjadi oleh karena berbagai faktor salah satunya adalah kondisi kesehatan (risiko tinggi atau dengan penyulit kehamilan). Hipertensi sendiri merupakan salah satu penyakit yang bisa memicu terjadinya bayi lahir prematur (meski rantai kejadiannya tidak semudah itu). Tekanan darah tinggi selama masa kehamilan merupakan salah satu tanda pre-eklampsia pada ibu hamil.

Dengan mengkonsumsi minyak ikan yang mampu mencegah terjadinya gangguan aliran darah. Secara tidak langsung juga mencegah ibu dari risiko pre-eklampsia dan eklampsia yang bisa memicu terjadinya penyebab bayi lahir prematur.

5. Membantu Meningkatkan Berat Janin

Berat lahir bayi yang dikatakan normal adalah tidak kurang dari 2.500 gram saat lahir. Kurang daripada itu, maka bisa mengakibatkan berbagai gangguan maupun ketidakseimbangan pada tubuh bayi. Mengkonsumsi minyak ikan dapat membantu ibu untuk meningkatkan berat untuk janin.

6. Mengatasi Masalah Kulit

Minyak ikan mampu memberikan nutrisi pada kulit sehingga, bisa mengatasi masalah kulit yang sering terjadi selama proses kehamilan. Oleh karena perubahan hormon yang menyebabkan tubuh ibu hamil menjadi lebih sensitif. Selain itu, minyak ikan juga membantu mencegah terjadinya radang kulit seperti ekzema (kulit meradang, gatal, kemerahan, mengelupas) dan alergi pada bayi baru lahir.

7. Meningkatkan Kualitas Mata

Kandungan omega 3 di dalam minyak ikan berperan penting dalam perkembangan mata pada janin. Omega 3 membantu pembentukan retina sejak janin di dalam kandungan bahkan sampai setelah ia dilahirkan. Dengan mengkonsumsi minyak ikan, membantu meningkatkan kualitas penglihatan sekaligus mencegah janin agar tidak mudah terkena gangguan atau penyakit mata. (baca juga : mata merah pada bayi)

8. Meningkatkan Sistem Ketahanan Tubuh

Minyak ikan membantu meningkatkan pembentukan antibodi di dalam tubuh yang berfungsi untuk mencegah serangan dari virus maupun bakteri. Sehingga, baik ibu maupun janin tidak akan mudah terkena penyakit.

9. Memelihara Kesehatan Jantung

Kandungan Omega 3 pada minyak ikan mampu mengurangi risiko terjadinya aritmia, penyakit jantung, mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh, serta mengurangi trigliserida berlebih. Mengkonsumsi minyak ikan selama kehamilan dapat membantu memelihara kesehatan jantung ibu (terutama setelah persalinan), sekaligus juga membantu memelihara jantung janin sendiri.


10. Mengurangi Risiko Depresi

Tidak jarang kehamilan bisa menimbulkan terjadinya gangguan pada psikologis ibu seperti depresi. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh berbagai faktor baik oleh faktor eksternal maupun internal. Sementara itu, penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam lemak Omega 3, DHA, dan EPA yang terkandung di dalam minyak ikan mampu mengurangi risiko terjadinya depresi tersebut.

11. Sebagai Anti Inflamasi

Tidak jarang saat hamil ibu menderita sariawan, hal ini bisa disebabkan oleh adanya gangguan hormon serta menurunnya kekebalan tubuh ibu. Mengkonsumsi minyak ikan mampu mengatasi peradangan pada tubuh karena dalam minyak mengandung EPA yang berfungsi sebagai anti-inflamasi alami di dalam tubuh.

Vitaluxor Plus adalah omega- 3 fish oil yang diproduksi oleh the United States of America (USA) dan telah mendapat pengakuan Good Manufacturing Practice USA yang dikeluarkan oleh Pengawasan Obat dan makanan U.S. FDA.
Konsentrasi EPA & DHA yang lebih tinggi (EPA = 300mg & DHA = 200mg). Konsumsi 1-2 soft gel Vitaluxor Plus secara teratur selama kehamilan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandung. Konsultasikan kepada dokter atau ahli nutrisi sebelum mengkonsumsi untuk keterangan lebih lanjut.

Firman

Jumlah posting : 121
Points : 361
Reputation : 0
Registration date : 05.06.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik