Latest topics
» pilih yang sehat dalam jamuan makan
Fri Sep 22, 2017 4:50 pm by sendi

» Solusi Bagi Anda yang Tidak Menyukai Sayuran Cruciferous
Fri Sep 22, 2017 9:08 am by Opterone

» Dampak Stress bagi Kesehatan
Wed Sep 20, 2017 4:30 pm by sendi

» Ingin Menjadi Vegan yg Sehat? Jangan Lupa Spirulina Pacifia
Mon Sep 18, 2017 2:07 pm by Opterone

» Kurus atau gemuk bisa beresiko
Fri Sep 15, 2017 3:43 pm by sendi

» Zat Gizi Penting Untuk Kecerdasan Emosi Anak
Wed Sep 13, 2017 10:19 am by Opterone

» Batasi manisnya konsumsi gula
Tue Sep 12, 2017 8:51 pm by sendi

» Hati-hati Pola Makan Anda Meningkatkan Resiko Kanker Kolon!
Tue Sep 12, 2017 9:37 am by Opterone

» Yang perlu diketahui wanita saat Haid
Fri Sep 08, 2017 5:33 pm by sendi

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Makan tepat waktu, apakah ada gunanya ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Makan tepat waktu, apakah ada gunanya ?

Post  sendi on Tue Apr 04, 2017 4:33 pm

Makan , adalah aktifitas rutin harian bagi setiap orang. Biasanya makan menjadi salah satu waktu menyenangkan karena ada unsur selera yang ikut serta didalamnya. Makan jadi lebih nikmat apabila menunya sesuai dengan selera. Sebaliknya jika menu kurang menggugah bisa jadi makan jadi berkurang nikmatnya. Namun apapun itu aktifitas makan bagi mahluk hidup tidak bisa dilupakan .
Bagi seorang pekerja , makan biasanya ada jadwal tertentu yaitu pas di pertengahan hari, bersamaan dengan waktu istirahat kerja. Makan bersama dengan rekan kerja jadi menambah selera makan bagi mereka yang tipe pemilih dalam hal makan. Nah, apakah anda sudah makan tepat waktu ? atau karena alasan pekerjaan makan jadi sering tertunda ? adakah manfaat makan tepat waktu selain menghilangkan rasa lapar dan menggantikannya dengan rasa kenyang ? Ternyata makan tepat waktu luar biasa manfaatnya. Info ringkas kali ini membahas manfaat makan tepat waktu, untuk kita
Makan tepat waktu merujuk pada konsep 3 kali makan dalam sehari ialah sarapan, makan siang dan makan malam. Dalam memulai makan, janganlah Anda makan setelah Anda benar-benar lapar. Atur jam makan Anda seperti sarapan sekitar 06.00-07.00, makan siang sekitar jam 12.00-13.00 dan makan malam antara jam 18.00-19.00. Jika memang dalam kondisi tertentu, asupan kalori tetap bisa ditekan sambil memaksimalkan asupan gizi penting seperti protein, serat, lemak esensial vitamin dan mineral.

Sakit Maag
Seperti yang diketahui bahwa penyebab penyakit maag yang paling utama adalah makan tidak teratur dan tidak tepat waktu. Misalnya, Anda terlalu siang makan padahal tanpa sarapan di pagi harinya atau mungkin Anda sering makan 1 kali dalam sehari atau makan hingga menunggu waktu perut lapar. Jika kondisi ini dibiasakan maka akan menyebabkan timbulnya penyakit maag serta memicu kambuhnya penyakit tersebut. Maka dari itu, pola makan yang teratur dan tepat waktu merupakan cara ampuh untuk mengatasi penyakit ini. Apalagi, maag yang sudah parah bisa menyebabkan kematian.

Penyakit maag atau yang juga dikenal dengan tukak lambung adalah gejala penyakit pada lambung karena terjadi luka atau peradangan pada organ tersebut. Dalam hal ini, Mukosa (selaput lendir yang melapisi lambung) robek karena serangan asam lambung. Pola makan erat kaitannya dengan produksi asam lambung. Pola makan yang tidak teratur membuat lambung sulit beradaptasi. Jika ini berlangsung lama maka produksi asam lambung akan berlebihan sehingga dapat mengiritasi dinding mukosa pada lambung. Hal inilah yang menyebabkan rasa perih dan mual.

Sakit Jantung
Selain pola makan yang tidak sehat, makan yang tidak teratur dan tidak tepat waktu juga memicu terjadinya penyakit jantung. Dalam hal ini, makan yang tidak teratur dapat merusak kondisi jantung. Sedangkan jika Anda makan teratur dan tepat waktu makan bukan hanya kesehatan jantung yang terjaga namun beberapa penyakit lain yang juga mempunyai hubungan dengan penyakit jantung, seperti kolestrol dan tekanan darah tinggi bisa diredam dengan baik.\


Banyaknya orang yang mengabaikan pola makan teratur dan tepat waktu menyebabkan penyakit ini tidak hanya menyerang orang tua atau orang kaya saja. Hal ini diperparah oleh kebiasaan banyak orang yang mengabaikan kandungan asupan makanannya. Karenanya, di seluruh dunia dan juga Indonesia penderita jantung semakin bertambah. Dengan demikian, tidaklah salah jika penyakit ini menempati posisi teratas sebagai penyakit penyebab kematian pada penderitanya.

Energy
Anda kerap kali tidak berenergi ketika sedang melakukan aktivitas dalam keseharian Anda ? Salah satu penyebab kondisi ini ialah makan yang tidak teratur dan tidak tepat waktu. Jika pola makan Anda teratur dan tepat waktu, Anda tidak hanya akan selalu berenergi setiap hari namun energi Anda juga akan semakin bertambah. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan energi lebih sehingga dapat beraktivitas dengan lebih fokus dan kreatif. Jangan sampai Anda melewatkan waktu makan (terlambat waktu makan) dan begitu juga jangan sampai lupa untuk sarapan. Selain itu Anda juga harus rajin mengonsumsi lauk, sayuran, buah dan juga minuman berenergi seperti susu.

Dalam melakukan aktivitas, kita memang sangat membutuhkan energi yang lebih. Apalagi biasanya aktivitas tersebut semakin hari kian bertambah dan memerlukan energi serta stamina yang lebih sehingga sering kali menurunkan kesehatan tubuh. Dampak nyata yang Anda rasakan ialah tubuh akan cepat merasakan lelah atau capek. Lelah atau capek tersebut tentunya akan mengurangu produktivitas kerja Anda.

Konsentrasi
Makan tepat waktu dan teratur sangat mendukung konsentrasi. Karena jika Anda dalam keadaan lapar maka Anda tidak bisa konsentrasi, sehingga aktivitas Anda akan terganggu. Selain makan tepat waktu dan teratur, nutrisi dalam makanan sangat berpengaruh terhadapap konsentrasi seseorang. Misalnya mengonsumsi protein, protein itu sendiri sangat penting bagi kesehatan otak. Maka dari itu untuk mendapatkan konsentrasi Anda harus makan tepat waktu dan teratur serta perhatikan nutrisi makanan yang Anda konsumsi.

Obesitas
Makan tidak teratur membuat otak mengirim pesan bahwa gula darah sudah turun dan rasa lapar muncul lalu perut minta diisi. Karena mungkin tidak sedang tersedia makanan utama maka makanan camilan yang sering dikonsumsi. Makanan camilan missal seperti gorengan, snack, atau makanan lain umumnya lebih banyak lemak dan karbohidrat sehingga jika terus menerus maka resiko obesitas sudah mengintip anda. Obesitas sendiri merupakan sumber dari penyakit lainnya yang dapat terjadi seperti diabetes, nyeri persendian, hipertensi dan lain sebagainya

Jadi bagaimana, masih menunda waktu makan?

sendi

Jumlah posting : 813
Points : 2316
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik