Latest topics
» khasiat pills mens vip
Thu Oct 19, 2017 7:49 am by varisha

» trend hidup sehat masa kini
Tue Oct 03, 2017 2:28 pm by sendi

» Solusi Bagi Anda yang Susah Tidur dan Sering Insomnia
Tue Oct 03, 2017 9:23 am by Opterone

» Antioksidan betakaroten
Tue Sep 26, 2017 4:43 pm by sendi

» Gangguan Pendengaran Mulai Datang? Ini Solusinya!
Tue Sep 26, 2017 3:06 pm by Opterone

» pilih yang sehat dalam jamuan makan
Fri Sep 22, 2017 4:50 pm by sendi

» Solusi Bagi Anda yang Tidak Menyukai Sayuran Cruciferous
Fri Sep 22, 2017 9:08 am by Opterone

» Dampak Stress bagi Kesehatan
Wed Sep 20, 2017 4:30 pm by sendi

» Ingin Menjadi Vegan yg Sehat? Jangan Lupa Spirulina Pacifia
Mon Sep 18, 2017 2:07 pm by Opterone

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Siasati cara mengonsumsi obat atau suplemen di bulan puasa

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Siasati cara mengonsumsi obat atau suplemen di bulan puasa

Post  sendi on Mon May 22, 2017 5:18 pm

Menjelang Puasa Ramadhan bagaimana persiapan anda ? Biasanya di tiap tiap daerah ada tradisi yang dilakukan sebelum berpuasa , misalnya berkumpul bersama dengan keluarga dan kerabat lalu makan bersama dan bermaaf-maafan. Tradisi ini membawa makna tersendiri selain menjalin silaturahmi juga menyiapkan diri dan hati yang bersih menyambut Ramadhan. Ya Ramadhan memang membawa berkah dan makna yang besar kedatangannya selalu dinantikan. Puasa menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan bulan yang penuh berkah ini.

Lalu bagaimana persiapan puasa anda ? apakah ada persiapan khusus ? biasanya yang memerlukan persiapan khusus adalah mereka yang mengalami sakit tertentu, di satu sisi ingin berpuasa disisi lain secara kesehatan tidak disarankan. Maka konsultasi kepada ahlinya menjadi solusi terbaik. Lalu bagaimana dengan minum obat saat puasa ? adakah yang berubah? khususnya untuk mereka yang wajib mengonsumsi obat tanpa putus ?
Artikel sehat kali ini ingin mengulas sedikit tentang konsumsi obat ketika berpuasa

Pada saat berpuasa, kita tetap dapat mengkonsumsi obat seperti biasa, hanya waktu minumnya saja yang berbeda. Pada saat berpuasa waktu minum obat di rubah yaitu harusnya diminum pada siang hari dirubah menjadi pada saat kita berbuka puasa atau pada saat sahur. Berikut adalah cara minum obat pada saat berpuasa:
1. Sehari 1 x 1 sebelum makan
Obat diminum satu kali sehari yakni bisa diminum setengah jam sebelum makan sahur atau setengah jam sebelum makan setelah berbuka ( membatalkan puasa), yang penting dalam sehari obat diminum satu kali (24 jam)
2. Sehari 1 x 1 sesudah makan
Obat diminum 1 kaki sehari setelah berbuka puasa dalam hal ini sudah mengkonsumsi makanan atau obat diminum 1 kali setelah makan sahur.
3. Sehari 2 x 1 Sebelum makan
Obat diminum sehari 2 kali yakni setengah jam sebelum makan (setelah minum untuk membatalkan puasa) dan diminum setengah jam sebelum makan sahur.
4. Sehari 2 x 1 Sesudah Makan
Obat dikonsumsi Setelah makan sahur dan setelah mengkonsumsi makanan saat berbuka puasa.
5. Sehari 3 x 1 sesudah makan
Jika obat tersebut bersifat simptomatis yakni untuk menghilangkan gejala seperti sakit kepala, demam, atau nyeri maka Minumlah obat tersebut dua kali saja yakni setelah makan dan setelah berbuka puasa, dan setelah makan sahur. Jika obat yang diberikan adalah antibiotik, sebaiknya minta ke dokter untuk antibiotik yang dikonsumsi sehari 2 x 1 .
6. Obat-obatan Kronis
Obat-obatan kronis biasanya obat- obatan yang harus diminum secara rutin dan tidak boleh dihentikan meskipun dalam kondisi berpuasa. Contoh nya adalah obat-obatan seperti untuk diabetes, hipertensi, TB Paru, Kolesterol dll.
- Obat diabetes yang diresepkan sehari 1 x 1 sebelum makan sebaiknya diminum pada saat berbuka puasa karena jika diminum pada saat sahur dikhawatirkan akan terjadi hipoglikemia pada saat berpuasa di siang harinya.
- Obat Hypertensi 1 x 1 sehari.
Jika dokter meresepkan 1 kali sehari disarankan agar obat diminum saat makan sahur agar dapat mengontrol tekanan darah selama beraktivitas di siang hari. Hal ini didasarkan pada penelitian yang menunjukkan bahwa tekanan darah mencapai angka paling tinggi pada pukul 09 11 pagi dan paling rendah pada malam hari setelah tidur. Jadi obat darah tinggi jangan diminum setelah berbuka puasa atau sebelum tidur.
- Obat Kolesterol
Untuk obat kolesterol sebaiknya diminum sebelum tidur karena biasanya kadar kolesterol meningkat di malam hari.
Nah, sama halnya dengan mengonsumsi suplemen saat berpuasa. jeli Gamat dan Spirulina Pacifica Luxor dapat dikonsumsi ketika sahur dan setelah berbuka. tentu saja banyak manfaatnya mengonsumsi suplemen saat berpuasa selain membantu meningkatkan stamina, konsumsi spirulina pun membuat rasa kenyang lebih lama karena mengandung serat.
edisi berikutnya akan diulas mengenai suplemen saat berpuasa...




sendi

Jumlah posting : 815
Points : 2322
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik