Latest topics
» Menjaga Hati
Fri Jan 19, 2018 4:45 pm by sendi

» Jangan abaikan keluhan tubuh
Tue Jan 09, 2018 3:43 pm by sendi

» Waspada Kolesterol
Mon Jan 08, 2018 5:06 pm by sendi

» Tahun baru dan diabetes
Tue Jan 02, 2018 9:25 pm by sendi

» batas aman gula dan garam
Sat Dec 23, 2017 12:03 pm by sendi

» Untuk DM dan hipertensi, jaga kesehatan di akhir tahun
Thu Dec 21, 2017 4:32 pm by sendi

» Yuk buat resolusi sehat 2018
Tue Dec 19, 2017 5:45 pm by sendi

» yang hitam jangan dimakan
Wed Dec 13, 2017 5:31 pm by sendi

» Selain Kalsium, Vitamin ini Juga Penting untuk Osteoporosis
Mon Dec 11, 2017 11:13 am by Opterone

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Menyambut Ramadhan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Menyambut Ramadhan

Post  sendi on Wed May 24, 2017 5:18 pm

Puasa Ramadhan tinggal beberapa hari lagi …persiapan apa yang sudah anda lakukan ? Selain persiapan rohani, perlu juga kiranya menyiasati sahur dan berbuka dengan cara yang tepat. Agar puasa tak menjadi alasan untuk malas beraktifitas atau bekerja. Puasa Ramadhan apabila dilihat dari sisi waktu makan hanya berbeda waktu saja dengan waktu makan di hari biasa, bedanya tentu ada selama berpuasa tidak mengonsumsi makanan lain atau tidak minum sehingga apabila di hari-hari awal perlu penyesuaian ini bisa dikatakan normal. Namun bukan berarti selama 30 hari lemas tak bertenaga bukan ?

Nah tips sehat ringan kali ini bertujuan puasa lancar aktifitas normal, mudah saja berikut antara lain :

1. Makanlah makanan yang bergizi secara seimbang baik saat sahur maupun buka puasa . makanan bergizi tidak harus mahal yang penting mengandung nutrisi yang penting yang diperlukan tubuh seperti karbohidrat,protein lemak vitamin.mineral dan serat. Makanan bergizi juga tidak hanya melulu soal selera tapi juga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi berbuka tidak harus selalu dengan lauk hewani, sayur, buah, protein nabati pun sangat baik untuk tubuh.
2. Minum air putih minimal 8 gelas sehari dengan pengaturan , yaitu setidaknya 2 gelas saat sahur , dan 6 gelas saat berbuka hingga menjelang sahur. Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh sangat penting untuk mencegah dehidrasi. Memenuhi kecukupan air setelah berbuka dan saat sahur menjelang imsak sangat penting untuk konsentrasi , sehat dan segar sepanjang hari
3. Pada saat berbuka puasa, awali berbuka dengan air putih dan kurma atau minuman/makanan manis hangat. Tidak disarankan berbuka dengan minuman bersoda atau minum air dingin/ air es secara langsung. Selain menimbulkan efek kenyang yang palsu karena tinggi kalori untuk minuman bersoda, manfaatnya bagi tubuh pun minim .
4. Makan malam sebaiknya dilakukan setelah solat tarawih atau sekitar 1 jam setelah berbuka yang pertama untuk memberikan kesempatan pada sistem pencernaan agar dapat bekerja lebig optimal dan tentunya agar anda tetap dapat khusu beribadah tanpa perut kekenyangan
5. Walaupun lapar berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan tanpa terburu-buru agar lambung anda tidak”kaget”. Untuk membantu sistem pencernaan anda, kunyahlah makanan dengan baik sebelum ditelan. Berbuka tidak harus dengan makanan yang banyak atau dalam porsi besar. Jika berbuka seperti ini justru merugikan kesehatan. Berbuka yang wajar dan secukupnya lebih baik
6. Perbanyak buah dan sayuran berserat sangat baik untuk membantu anda dapat menahan lapar lebih lama . serat juga sangat baik untuk mencegah penyakit sulit buang air besar saat puasa. Selain untuk mencukupi kebutuhan serat,buah dan sayuran juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat berperan dam menjaga tubuh anda tetap vit , sehat , segar dan bugar selama puasa
7. Bila anda memiliki gangguan penyakit seperti kolesterol tinggi ,diabetes,lambung ,darah tinggi,dsb, selama puasa tetap harus mengurangi makanan yang dapt memicu terjadinya penyakit. Seperti tetap mengurangi makanan berlemak bagi penderita kolesterol tinggi.
8. Usahan tidur yang cukup selama kurang lebih 7 jam sehari agar anda dapat tetap bugar selam puasa
9. Olahraga teratur , walaupun sedang puasa, olahraga yang teratur tetap diperlukan namun jangan dilakukan saat siang hari. Olahraga dapat dilakukan 30 menit sebelum berbuka, seperti jalan sehat yang mudah atau bersepeda.

Selamat menyambut Ramadhan

sendi

Jumlah posting : 830
Points : 2367
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik