Latest topics
» khasiat pills mens vip
Thu Oct 19, 2017 7:49 am by varisha

» trend hidup sehat masa kini
Tue Oct 03, 2017 2:28 pm by sendi

» Solusi Bagi Anda yang Susah Tidur dan Sering Insomnia
Tue Oct 03, 2017 9:23 am by Opterone

» Antioksidan betakaroten
Tue Sep 26, 2017 4:43 pm by sendi

» Gangguan Pendengaran Mulai Datang? Ini Solusinya!
Tue Sep 26, 2017 3:06 pm by Opterone

» pilih yang sehat dalam jamuan makan
Fri Sep 22, 2017 4:50 pm by sendi

» Solusi Bagi Anda yang Tidak Menyukai Sayuran Cruciferous
Fri Sep 22, 2017 9:08 am by Opterone

» Dampak Stress bagi Kesehatan
Wed Sep 20, 2017 4:30 pm by sendi

» Ingin Menjadi Vegan yg Sehat? Jangan Lupa Spirulina Pacifia
Mon Sep 18, 2017 2:07 pm by Opterone

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Vitamin Mineral Penting saat Puasa

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Vitamin Mineral Penting saat Puasa

Post  sendi on Mon Jun 05, 2017 4:18 pm

Puasa Ramadhan sudah dijalani lebih dari seminggu. Bagaimana kondisi kesehatan anda ? Tentu saja baik. Puasa tak mesti lemas, puasa tak mesti menjadi loyo nyatanya puasa dapat meningkatkan daya tahan tubuh lho. Ya Puasa dari sudut kesehatan banyak manfaatnya, tentu saja asalkan saat sahur dan berbuka didukung dengan makanan yang tepat untuk tubuh bukan hanya tepat untuk selera ya…
Edisi sehat ringkas kali ini memberikan tips ringan vitamin dan mineral yang diperlukan selama berpuasa
Vitamin dan mineral merupakan nutrisi organik yang tersedia di dalam berbagai bahan makanan dan tersedia secara khusus dalam bentuk suplemen. Keduanya sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan berbagai fungsi metabolisme. Lalu, apa saja asupan mineral dan vitamin saat puasa yang harus dipenuhi oleh tubuh?

1. Vitamin A
Kenapa tubuh butuh vitamin A saat puasa? Vitamin A dalam tubuh memiliki banyak peran penting yang membantu tubuh sehari-harinya. Beberapa fungsi vitamin A antara lain sebagai alat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan untuk penglihatan mata. Vitamin A, yang juga yang meliputi zat beta karoten dapat membantu retina, kornea, dan mata agar berfungsi dengan baik pada saat berpuasa.
. Jika Anda ingin memenuhi vitamin A yang cukup saat puasa, baiknya konsumsi buah atau sayur yang berwarna jingga

2. Vitamin C
Telah banyak diketahui kalau vitamin C menjadi vitamin penting untuk aktivitas sehari-hari, terlebih ketika berpuasa. Vitamin saat puasa ini, merupakan sumber zat antioksidan penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin C juga penting untuk memetabolisme protein tubuh dan menghindari dari penyakit kardiovaskuler (contohnya jantung).

3. Vitamin D
Banyak yang tidak menyangka kalau vitamin D sangat dibutuhkan tubuh selama masa puasa. Mengapa tubuh butuh vitamin D? Penting diketahui kalau saat puasa, di mana tubuh tidak makan dan minum dalam waktu yang lama, hal tersebut dapat memengaruhi emosi seseorang.
Vitamin D juga berfungsi untuk mengaktifkan sistem imun dan melepaskan hormon dopamin dan serotonin yang berpengaruh pada fungsi dan perkembangan otak. Hal ini sama dengan cara kerja beberapa jenis obat antidepresan yang berguna untuk meningkatkan hormon monoamine pada otak untuk mengatasi depresi sehari-hari.

4. Yodium

Selain vitamin, saat puasa tubuh juga butuh mineral penting seperti yodium yang bisa didapat dari makanan ketika sahur. Yodium adalah mineral yang dibutuhkan tubuh guna memelihara fungsi tiroid dan metabolisme sel. Asupan yodium rendah dapat menyebabkan hipotiroidisme. Nah salah satu gejala hipotiroidisme adalah kelelahan, peningkatan berat badan, dan bahkan sembelit disaat menjalankan puasa.

5. Zinc atau seng
Zinc adalah nutrisi yang dibutuhkan manusia saat puasa agar tetap sehat. Pasalnya, zinc dapat membantu sistem imun dalam melawan virus dan bakteri ketika tubuh berhenti menerima makanan. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk membentuk protein dan DNA, serta hal-hal yang berhubungan dengan genetik pada seluruh sel.
Nutrisi zinc berpengaruh pada motorik, kognitif dan fungsi psikososial pada anak-anak dan orang tua. Di mana kalau tubuh kekurangan zinc saat puasa, sel motorik tubuh banyak yang tidak sinkron dan akhirnya gampang lelah.

Selain dapat diperoleh pada makanan sehari-hari diatas, semua ini dapat anda peroleh dari Spirulina Pacifica. Ya, selama Puasa Spirulina Pacifica jangan dilupakan ketika sahur atau menjelang tidur malam dapat dikonsumsi 10 tablet ketika sahur dan 5 tablet ketika tidur malam. Sebagai pendukung sertakan juga Jeli gamat ya cukup 2 sendok makan saat sahur dan berbuka. Manfaatnya selain memberikan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dapat memberikan rasa kenyang lebih lama karena mengandung serat. Jangan lupa minum air putih yang cukup ya selama puasa, siasati ketika sahur, berbuka dan menjelang tidur malam.
Semangat Berpuasa

sendi

Jumlah posting : 815
Points : 2322
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik