Latest topics
» pilih yang sehat dalam jamuan makan
Fri Sep 22, 2017 4:50 pm by sendi

» Solusi Bagi Anda yang Tidak Menyukai Sayuran Cruciferous
Fri Sep 22, 2017 9:08 am by Opterone

» Dampak Stress bagi Kesehatan
Wed Sep 20, 2017 4:30 pm by sendi

» Ingin Menjadi Vegan yg Sehat? Jangan Lupa Spirulina Pacifia
Mon Sep 18, 2017 2:07 pm by Opterone

» Kurus atau gemuk bisa beresiko
Fri Sep 15, 2017 3:43 pm by sendi

» Zat Gizi Penting Untuk Kecerdasan Emosi Anak
Wed Sep 13, 2017 10:19 am by Opterone

» Batasi manisnya konsumsi gula
Tue Sep 12, 2017 8:51 pm by sendi

» Hati-hati Pola Makan Anda Meningkatkan Resiko Kanker Kolon!
Tue Sep 12, 2017 9:37 am by Opterone

» Yang perlu diketahui wanita saat Haid
Fri Sep 08, 2017 5:33 pm by sendi

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Kekurangan vit. B ? ini dia resikonya

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Kekurangan vit. B ? ini dia resikonya

Post  sendi on Fri Aug 18, 2017 8:25 pm

Mungkin masih lekat dalam ingatan kita ketika sekolah dasar dulu tentang penyakit beri-beri karena kekurangan vitamin B. Ya, vitamin B bisa jadi kalah pamor dengan rekannya yaitu vitamin C yang lebih banyak dipublikasikan kehebatannya. Namun Vitamin B ternyata juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh dan jika tubuh kita kekurangan vitamin B banyak hal yang dapat terjadi tidak hanya beri-beri tentunya.
Anda pernah merasa cepat lelah? Mungkin anda berpikir karena penyebabnya adalah banyaknya pekerjaan sehingga tubuh cepat lelah, bisa jadi bukan karena banyaknya pekerjaan tapi memang tubuh anda kekurangan vitamin B .
Nah untuk mengethaui apa saja resiko kekurangan vitamin B tak ada salahnya mengenal lebih dekat jenis vitamin B yaitu sebagai berikut :
vitamin B terdapat berbagai macam jenisnya. Vitamin B kompleks sendiri terdiri dari beberapa jenis diantaranya adalah sebagai berikut:
Vitamin B 1 atau yang disebut sebagai thiamin
Vitamin B 2 atau riboflavin
Vitamin B 3 atau niacin
Vitamin B 5 atau asam pantotenat
Vitamin B 6 atau piridoksal
Vitamin B 7 atau biotin
Vitamin B 9 atau asam folat
Vitamin B 12 atau cobalamin
Seluruh jenis vitamin B inilah yang dinamakan sebagai vitamin B kompleks karena memang terdiri dari beberapa macam atau kompleks. Semua jenis vitamin B ini sifatnya akan larut di dalam air kecuali vitamin B 12 dimana jika memang terdapat kelebihan vitamin B ini di dalam tubuh akan langsung dikeluarkan oleh tubuh. Vitamin merupakan senyawa yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh dan harus didapatkan dari luar yaitu dari makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh tubuh. Oleh karena itu sangat penting untuk selalu menyediakan makanan yang mengandung vitamin B ini. Berikut ini adalah hal-hal yang berhubungan dengan vitamin B kompleks :
Nah, lalu bagaimana jadinya jika tubuh mengalami kekurangan vitamin B kompleks? Bagi anda yang penasaran dengan hal ini maka anda beruntung membaca artikel ini karena berikut ini akan dipaparkan beberapa akibat kekurangan vitamin B kompleks yaitu sebagau bverikut:

1. Masalah Kulit
Vitamin B sangat erat kaitannya dengan masalah kulit. Jika tubuh mengalami kekurangan vitamin B maka yang pertama kali akan terlihat adalah masalah pada kulit diantaranya kulit kering, kulit pecah-pecah, kulit yang mudah memar dan tergores jika digaruk sedikit saja, luka yang lama sembuh, serta dermatitis. Selain itu kulit juga akan menjadi kering serta pucat dan tidak segar sehingga tidak enak di pandang. Wajah juga akan tampak sayu dan tidak bergairah karena kekurangan vitamin B kompleks ini.
2. Kelelahan
Selain pada masalah kulit, vitamin B juga akan menyebabkan masalah pada stamina yang menjadikan kelelahan. Kelelahan ini tidak hanya diderita oleh penderita anemia saja, namun orang yang kekurangan vitamin B kompleks pun akan menderita kelelahan sebab asupa vitamin tidak bisa tercukupi. Yang akan sangat terasa adalah masalah pada bagian otot dimana biasanya akan dirasakan otot yang lemah, sering terjadi kedutan, sakit pada otot dan masalah otot lainnya yang cukup menganggu aktivitas tubuh sehari-hari. Selain itu, kekurangan vitamin B kompleks juga bisa memicu nyeri pada bagian sendi yang bisa ditujukan juga dengan beberapa kejadian seperti sering kesemutan, mati rasa pada bagian-bagian tertentu seperti kaki dan tangan.

3. Resiko Bayi Lahir Cacat
Saat ibu sedang mengandung sebaiknya jangan sampai terjadi kekurangan vitamin B kompleks terutama vitamin B 9 atau yang juga lebih sering disebut dengan nama lainnya yaiu asam folat. Asam folat sangat berguna bagi ibu dan perkembangan bayi yang masih di dalam kandungan. Asam folat membantu perkembangan bayi menjadi lebih optimal dan jika sampai kekurangan asam folat ini maka pertumbuhan bayi akan tidak optimal sehingga memicu adanya kecacatan baik secara fisik maupun mental ketika bayi lahir nanti.
4. Bingung
Anda sering merasa kebingungan? Jika iya mungkin anda mengalami kekurangan vitamin B kompleks di dalam tubuh anda. Vitamin B juga sangat berguna pada daya fokus dan konsentrasi sehingga orang yang mengalami kekurangan vitamin B kompleks ini akan cenderung mengalami kebingungan serta kecemasan. Jika anda sering kebingungan padahal anda sudah mencukup kebutuhan akan vitamin B kompleks bisa jadi anda terkena penyakit Alzheimer.
5. Penyakit Beri-beri
Siapa sangka anda juga bisa mengalami penyakit beri-beri jika anda mengalami kekurangan vitamin B kompleks. Jika anda tidak mau mengalaminya sebaiknya untuk segera memberikan asupan vitamin B kompleks pada tubuh dengan optimal. Penyakit beri-beri ini terjadi karena kekurangan pada vitamin B 1, padahal manfaat vitamin B1 di dalam tubuh ini adalah sebagai penyeimbang air di dalam tubuh juga membantu penyerapan air dan lemak dari usus.
6. Katarak
Vitamin B juga sangat baik untuk kesehatan mata dan lebih spesifik pada vitamin B2. Fungsi dari vitamin B2 ini sendiri adalah sebagai perangsang kemampuan saraf pada mata dan membuat oksidasi zat makanan menjadi lebih lancar. Untuk pemenuhan vitamin B2 dapat ditemukan diberbagai jenis sumber makanan diantaranya adalah susu, keju, telur, sayuran, hati dan jantung.
7. Anemia
Jika anda mengalami anemia mungkin sebenarnya anda mengalami kekurangan vitamin B. fungsi dari vitamin B ini sendiri sangat penting yaitu sebagai pemisah sel dan penolong perombakan pada karbohidrat. Sehingga jika kekurangan vitamin B terutama B3 akan cenderung mengalami masalah yang terjadi pada peredaran darah yang tidak lancar salah satunya adalah penyakit anemia. Penyakit anemia ini jika tidak segera diobati dapat memicu berbagai penyakit yang lebih serius lainnya.
8. Sembelit
Jika anda mengalami sembelit cobalah untuk mengkonsumsi vitamin B terutama vitamin B9 karena ada kemungkinan anda juga mengalami kekurangan vitamin B9. Vitamin B9 ini bisa didapatkan dari beberapa sumber makanan diantaranya adalah telur, susu, ikan, daging, biji-bijian dan sayuran. Jika anda mengalami sembelit jangan lupa untuk memperbanyak serat ya supaya pencernaan menjadi lebih lancar lagi.

Tips Dalam Mencukupi Asupan Vitamin B Kompleks

Berikut ini adalah tips dalam mencukupi kebutuhan asupan vitamin B kompleks :
Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B ini anda bisa juga dapatkan melalui konsumsi suplemen..
asupan vitamin B kompleks ini dapat diperoleh dari makanan dan minuman seperti sumber lauk pauk hewani

Nah di dalam Spirulina Pacifica Luxor juga tersedia vitamin B kompleks, anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin B dari Spirulina Pacifica Luxor. Konsumsi 5-10 tab sehari membantu untuk menyuplai vitamin B yang diperlukan oleh tubuh. Ayo konsumsi vitamin B supaya tak mudah lelah, mencegah dari anemia atau gangguan kesehatan lainnya.



sendi

Jumlah posting : 813
Points : 2316
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik