Latest topics
» pilih yang sehat dalam jamuan makan
Fri Sep 22, 2017 4:50 pm by sendi

» Solusi Bagi Anda yang Tidak Menyukai Sayuran Cruciferous
Fri Sep 22, 2017 9:08 am by Opterone

» Dampak Stress bagi Kesehatan
Wed Sep 20, 2017 4:30 pm by sendi

» Ingin Menjadi Vegan yg Sehat? Jangan Lupa Spirulina Pacifia
Mon Sep 18, 2017 2:07 pm by Opterone

» Kurus atau gemuk bisa beresiko
Fri Sep 15, 2017 3:43 pm by sendi

» Zat Gizi Penting Untuk Kecerdasan Emosi Anak
Wed Sep 13, 2017 10:19 am by Opterone

» Batasi manisnya konsumsi gula
Tue Sep 12, 2017 8:51 pm by sendi

» Hati-hati Pola Makan Anda Meningkatkan Resiko Kanker Kolon!
Tue Sep 12, 2017 9:37 am by Opterone

» Yang perlu diketahui wanita saat Haid
Fri Sep 08, 2017 5:33 pm by sendi

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Yang perlu diketahui wanita saat Haid

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Yang perlu diketahui wanita saat Haid

Post  sendi on Fri Sep 08, 2017 5:33 pm


Banyak wanita saat haid merasakan kurangnyaman seperti tubuh lebih mudah lelah, nyeri perut atau kram, mual dan bahkan dalam beberapa kasus harus beristirahat karena sakit yang menganggu aktifitas harian. Apakah setiap wanita selalu mengalami nyeri saat haid terutama pada hari 1-2 ?

Berbicara soal nyeri haid , apa sebetulnya penyebab nyeri ini ? Info sehat ringkas kali ini ingin mengulas secara singkat perihal nyeri haid yang sering dialami wanita. Sebenarnya Sepanjang waktu, terjadi kontraksi halus pada otot dinding rahim yang umumnya tidak terasa. Namun di masa menstruasi, kontraksi ini menjadi makin kencang sebagai bagian dari peluruhan dinding rahim saat haid. Kontraksi tersebut menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Ketiadaan oksigen inilah yang menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menciptakan rasa nyeri.

Rasa nyeri semakin buruk karena tubuh juga mengeluarkan bahan kimia bernama prostaglandin yang memicu otot rahim terus berkontraksi. Selain itu, prostaglandin juga memicu kondisi lain seperti mual, diare, lemas, dan sakit kepala yang kerap menyertai nyeri. Diduga sebagian wanita memproduksi prostaglandin dalam jumlah lebih banyak sehingga lebih merasakan nyeri dibandingkan yang lain.
Selain penyebab diatas sebagai gangguan dismenore primer ada pula Gangguan yang menyebabkan dismenore sekunder dapat berupa:

Endometriosis: terjadi ketika sel-sel yang menyelubungi rahim mulai tumbuh di luar rahim, seperti ovarium atau tuba falopi. Sel ini menyebabkan rasa sakit yang hebat ketika meluruh.
Radang panggul: infeksi yang bisa mengakibatkan inflamasi pada rahim, ovarium, dan tuba falopi.
Adenomiosis: jaringan lapisan paling dalam rahim mulai tumbuh ke dalam dinding otot rahim sehingga menimbulkan nyeri saat haid.
Fibroid: tumor yang tidak bersifat kanker di dalam rahim.
Stenosis leher rahim: pembukaan pada leher rahim beberapa wanita sangat kecil sehingga membatasi aliran darah untuk keluar saat haid. Kondisi ini menyebabkan tekanan pada rahim yang mengakibatkan nyeri.
Lalu apakah ada hubungannya makanan atau zat gizi tertentu dengan haid. Apakah ada nutrisi penting dikala haid yang harus dipenuhi wanita ?
Tentu saja . Ketika sedang haid kita perlu memastikan tercukupinya nutrisi dari apa yang kita makan. Berikut ini adalah beberapa nutrisi penting saat haid yang perlu dipenuhi oleh setiap wanita.



Kalsium
Selain air, nutrisi penting saat haid lain yang harus tercukupi adalah kalsium. Beberapa makanan yang banyak mengandung kalsium dan baik dikonsumsi adalah susu rendah lemak, kedelai, tofu, yogurt, brokoli, dan juga salmon. Kalsium dapat membantu mempertahankan tonus otot dan mencegah kram serta nyeri perut. Gangguan tersebut memang biasanya terjadi ketika sedang haid.

Sayuran
Sayuran dapat membantu mengurangi gejala susah buang air besar. Konstipasi atau susah buang air besar memang salah satu gangguan yang sering terjadi saat haid. Dan biasanya memang terjadi pada mereka yang tidak suka makan sayur. Padahal sayuran salah satu makanan penting saat haid.

Magnesium
Nutrisi lain yang berperan penting saat haid adalah magnesium. Kita dianjurkan mengkonsumsi kacang-kacangan dan tofu yang banyak mengandung magnesium. Nutrisi ini berperan dalam mengoptimalkan kapasitas tubuh dalam menyerap kalsium. Selain itu juga mampu mengurangi kram perut.

Vitamin B6, C, dan E
Vitamin B6 dapat membantu metabolisme protein dan juga sel darah merah. Makanan seperti kentang dan pisang kaya akan vitamin B6. Vitamin ini juga mampu mengurangi depresi. Vitamin lain yang perlu dikonsumsi saat haid adalah vitamin C dan Zinc. Zat gizi tersebut merupakan pendukung kesehatan sel telur wanita dan sistem reproduksi. Satu vitamin lagi yang berguna saat haid adalah vitamin E. Perannya adalah sebagai antioksidan yang dapat mengatasi beberapa gejala pre haid dan juga memberi manfaat pada sistem sirkulasi. Vitamin E ini banyak terkandung dalam alpukat, kuning telur, dan juga hati.

Zat Besi
Dalam darah yang terbuang saat haid terdapat zat besi yang sebetulnya dibutuhkan oleg tubuh. Orang yang kekurangan zat besi biasanya akan mudah lelah, rambut rontok, mudah marah, dan mengalami gangguan fungsi pertahanan tubuh. Mengkonsumsi zat besi dapat mencegah terjadinya gangguan saat haid tersebut. Itulah sebabnya mengapa zat besi adalah nutrisi penting saat haid yang harus tercukupi. Makanan yang banyak mengandung zat besi diantaranya adalah daging, ayam ikan, kacang-kacangan dan juga sereal.

Tentu saja harapannya setiap wanita tetap dapat berkegiatan normal dikala haid. Luxor menyediakan Nutrisi yang diperlukan dalam Spirulina Pacifica , jika sedang berpergian Spirulina dapat dijadikan andalan untuk memenuhi gizi yang diperlukan kala haid. Di dalamnya terdapat Kalsium, Magnesium, Zat besi dan Vitamin. Konsumsi 10-15 tab setiap hari selama haid membantu memenuhi kecukupan gizi harian anda.

sendi

Jumlah posting : 813
Points : 2316
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik