Latest topics
» Kromium kendalikan Kolesterol
Yesterday at 5:56 pm by Firman

» Pentingnya Glukosamin Si Pelumas Sendi
Tue Jan 17, 2017 4:48 pm by Firman

» Manfaat Polisakarida dalam Spirulina Pacifica
Sat Jan 14, 2017 12:11 pm by Firman

» Vitamin C atau Asam Askorbat
Fri Jan 13, 2017 5:24 pm by Firman

» Meringankan Asma dengan Omega 3
Thu Dec 22, 2016 4:01 pm by Firman

» Tips Memilih Suplemen Minyak Ikan yang Berkualitas
Thu Dec 15, 2016 11:46 am by Firman

» Bahaya Logam Berat Bagi Kesehatan ( Bag 2)
Wed Dec 07, 2016 2:14 pm by Firman

» Bahaya Logam Berat Bagi Kesehatan ( Bag 1)
Fri Dec 02, 2016 2:32 pm by Firman

» SOD Alami
Thu Dec 01, 2016 4:55 pm by Firman

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Menyusui, bolehkah minum kopi ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Menyusui, bolehkah minum kopi ?

Post  sendi on Tue Feb 25, 2014 4:02 pm

Menyusui bayi merupakan anugerah bagi ibu setelah bersalin. Bayi mendapatkan makanan terbaik melalui ASI. Namun sebagai manusia kadangkala seorang ibu juga mempunyai keinginan tertentu, dalam hal ini khususnya kebiasan minum kopi. Ya, bolehkan ibu menyusui minum kopi ?
Dalam sebagian besar masyarakat kita, jangankan kopi ada banyak pantangan lain yang masih harus dijalani oleh ibu ketika menyusui. Namun salah satu diantaranya mungkin saja kopi yang paling sering diinginkan oleh seorang ibu setelah selama 9 bulan tidak minum kopi. Bagaimana jika ibu menyusui minum kopi apakah aman untuk sang bayi.
Kopi merupakan minuman yang mengandung kafein. Dalam batas tertentu kafein dapat mempengaruhi metabolisme bayi yang diminum dari air susu ibu yang gemar minum kopi. Mengenai takaran kopi, konsumsi dua gelas setiap hari tidak akan berpengaruh signifikan pada bayi. Namun jika angka konsumsi kopi per hari telah lebih dari 2 gelas, ibu patut waspada. Sebab akumulasi kafein pada kopi yang dikonsumsi akan mengakibatkan sejumlah efek buruk bagi bayi. Bayi dapat menjadi terjaga dan susah tidur, sering demam, mata sering terbuka lebar, terlihat lemah dan cenderung rewel, boleh jadi hal tersebut merupakan pengaruh konsumsi kafein sang ibu yang berlebihan. Karena itu, bijaklah menakar jumlah kopi yang Anda konsumsi per hari.
Hal lain yang wajib ibu cermati adalah bahwa sumber kafein bukan hanya kopi. Ada banyak komponen makanan pun minuman yang mengandung kafein di antaranya minuman ringan obat pereda demam juga nyeri, minuman penambah energi dan bahkan juga teh. Akumulasi kafein dalam tubuh ibu akan ditransfer pada bayi melalui ASI. Karena itu, bagi ibu menyusui yang minum kopi harus mcermati makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hindari kombinasi seperti coklat dan kopi sebab keduanya akan menyumbangkan sejumlah kefein ke tubuh ibu.
Lebih bijak bagi ibu untuk mengonsumsi buah segar atau jus aagar menyumbang vitamin dan mineral dalam ASI nya. Ibu juga dapat mengonsumsi Spirulina pacifica yang kandungan zat gizinya cukup lengkap, aman bagi ibu juga bagi bayi. Spirulina pacifica 10 tablet per hari sudah cukup bagi ibu hamil. Sediakan juga air putih , makanan bergizi ataupun makanan tambahan lainnya. Bayi sehat berawal dari ibu yang sehat.

sendi

Jumlah posting : 772
Points : 2191
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik