Latest topics
» yang dipantang ketika sedang diet
Tue Jul 11, 2017 2:37 pm by sendi

» Ayo cek kesehatan setelah lebaran
Tue Jul 04, 2017 5:05 pm by sendi

» Jaga pola makan di hari raya
Sun Jun 25, 2017 2:49 pm by sendi

» Tips Mudik Aman bagi pengidap DM
Wed Jun 21, 2017 3:48 pm by sendi

» Perhatikan Kesehatan saat mudik dengan cermat
Mon Jun 19, 2017 4:11 pm by sendi

» Sahur, haruskah makan lebih banyak ?
Thu Jun 08, 2017 5:00 pm by sendi

» Menu bersantan, amankah ?
Wed Jun 07, 2017 5:52 pm by sendi

» Vitamin Mineral Penting saat Puasa
Mon Jun 05, 2017 4:18 pm by sendi

» Vit C dan Kepadatan Tulang
Sat Jun 03, 2017 11:46 pm by felixia28

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


MSG, bolehkah dikonsumsi ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

MSG, bolehkah dikonsumsi ?

Post  sendi on Sun Apr 13, 2014 10:02 pm

Apa itu MSG? Senyawa ini adalah gabungan dari sodium/natrium (garam), asam amino glutamate dan air. Penegas cita rasa gurih ini dibuat melalui proses fermentasi tetes tebu oleh bakteri Brevi-bacterium lactofermentum yang menghasilkan asam glutamat. Kemudian, dilakukan penambahan garam sehingga mengkristal. Itu sebabnya, MSG sering ditemukan dalam bentuk kristal putih.
Pada umumnya rasa gurih lebih diminati ketimbang rasa yang biasa-biasa saja. Bisa jadi jika lidah sudah terbiasa dengan rasa yang gurih maka setiap kali bersantap maka cita rasa demikian yang lebih disukai. Bagaimana dengan makanan yang ditambahkan dengan MSG , wah sudah tentu rasanya akan menjadi lebih ‘kuat”.

Pertanyaan selanjutnya apakah MSG aman dikonsumsi ? untuk menjawab pertanyaan ini perlu pembuktian, dikutip dari beberapa  artikel kesehatan pro dan kontra perihal MSG masih menjadi perdebatan, ada yang mengatakan aman dikonsumsi namun ada pula yang menyatakan mengganggu kesehatan hal ini pada umumnya telah melalui serangkaian percobaan yang dilakukan pada hewan percobaan.  Dalam satu kutipan di sebuah artikel pada salah satu situs website dikatakan  Salah satunya adalah dengan mengujikan MSG pada tikus hamil yang diberi MSG bubuk dalam dosis tinggi, 4 mg/hari, yang hasilnya menunjukkan MSG mampu menembus plasenta dan otak janin menyerap MSG dua kali lipat daripada otak induknya Sepuluh hari setelah lahir, anak-anak tikus ini lebih rentan mengalami kejang dibanding dari induk yang tidak mengonsumsi MSG.  jadi mengingat apa pun yang masuk ke ibu akan diasalurkan oleh plasenta ke janin, sebaiknya ibuhamil mengurangi konsumsi MSG.

Bagaimana dengan balita ? bukankah banyak makanan  untuk anak-anak yang menggunakan MSG ?  Bijaknya memang memberikan makanan sehat untuk anak dan mengajarkan mengonsumsi makanan sehat sejak dini. Anak-anak yang  sejak awal dilatih mengonsumsi buah maka akan lebih mudah menerima makanan buah maupun sayur saat mereka bertumbuh. Hasilnya tentu lebih bermanfaat bagi kesehatan

Jika memang mengonsumsi MSG adakah batasan berapa yang aman untuk dikonsumsi ? Batas ambang konsumsi. Belum ada peraturan baku dunia, termasuk yang dikeluarkan oleh lembaga pangan dan kesehatan dunia (FAO dan WHO). Yang sudah bisa diketahui adalah titik optimal rasa gurih yang bisa dirasakan seseorang, yaitu maksimal 5 gram/hari.

Jadi pilihan mengonsumsi MSG tentunya ada di tangan anda.

sendi

Jumlah posting : 801
Points : 2278
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik