Latest topics
» Menjaga Hati
Fri Jan 19, 2018 4:45 pm by sendi

» Jangan abaikan keluhan tubuh
Tue Jan 09, 2018 3:43 pm by sendi

» Waspada Kolesterol
Mon Jan 08, 2018 5:06 pm by sendi

» Tahun baru dan diabetes
Tue Jan 02, 2018 9:25 pm by sendi

» batas aman gula dan garam
Sat Dec 23, 2017 12:03 pm by sendi

» Untuk DM dan hipertensi, jaga kesehatan di akhir tahun
Thu Dec 21, 2017 4:32 pm by sendi

» Yuk buat resolusi sehat 2018
Tue Dec 19, 2017 5:45 pm by sendi

» yang hitam jangan dimakan
Wed Dec 13, 2017 5:31 pm by sendi

» Selain Kalsium, Vitamin ini Juga Penting untuk Osteoporosis
Mon Dec 11, 2017 11:13 am by Opterone

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Dampak Stress bagi Kesehatan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Dampak Stress bagi Kesehatan

Post  sendi on Wed Sep 20, 2017 4:30 pm

Dampak Stress

Siapa yang tidak pernah mengalami stress ? Sepertinya setiap orang pasti pernah mengalami stress dari yang ringan –ringan saja sampai stress berat yang dapat menyebabkan depresi atau gangguan kejiwaan. Ringan atau berat stress dalam kehidupan memang sulit untuk dihindari yang bisa dilakukan adalah mengelola stress. Namun hal ini juga bukan perkara mudah tiap tiap orang memiliki kemampuan berbeda perihal mengelola stress ini.
Namun dalam info sehat ringkas kali ini yang ingin diulas adalah dampak stress bagi kesehatan. Apa yang terjadi pada tubuh ketika stress ? Ketika sedang stres, suatu bagian otak yang disebut sebagai hipotalamus memicu pelepasan hormon adrenalin dan kortisol. Adrenalin meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, sedangkan kortisol menaikkan gula darah.

Antara laindampak stress yaitu sebagai berikut :

1. Gangguan imun

Sistem imun alami tubuh dirancang untuk melindungi kita dari bahaya langsung. Stres kronis dapat merusak sistem tersebut dan justru menghambat kerja sistem imun. Akibatnya, risiko masalah kesehatan lainnya akan meningkat. Pendekatan spiritual sangat penting untuk mengelola stress


2. Penyakit jantung

Tekanan, dan kecemasan memicu tekanan darah dan jantung . Bagi mereka yang berpotensi stress Ada baiknya setiap individu untuk melakukan tes kesehatan jantung atau dimulai pada usia 40-an. Ini dilakukan untuk mengetahui sejak awal jika memang terdapat suatu penyakit dan memicu kebiasaan gaya hidup sehat.

3. berat badan

Stres dapat membuat seseorang menjadi makan berlebihan akibat kompensasi dari masalah yang ada. Makan berlebihan ini pun biasanya berupa makanan yang tinggi kalori. Kita tahu bahwa obesitas dan kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko berbagai jenis penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, kanker dan depresi.


4 Sindrom metabolik

Orang yang mengalami stres kronis berada pada risiko lebih besar untuk terkena sindrom metabolik, yang merupakan kombinasi dari diabetes, tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, obesitas, dan kadar kolesterol abnormal. Jika terjadi bersamaan, maka akan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Memang penyelesaian masalah akibat stress adalah mengatasi akar masalah penyebab stress itu sendiri. Namun saat mengatasi hal tersebut jangan lupa sayangi kesehatan tubuh anda. Ketika sadar akan banyaknya masalah ringankan tubuh dengan memberi asupan yang baik seperti perbanyak vitamin dan mineral, dan omega 3 yang baik untuk jantung dan pembuluh darah.
Tentu saja jangan dilupakan pendekatan spiritual dan saling berbagi dengan yang terdekat yang bisa jadi merupakan salah satu jalan keluar yang paling dekat.

Ayo hidup bahagia, jaga kesehatan dan kelola stress dengan baik


sendi

Jumlah posting : 830
Points : 2367
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik