Latest topics
» yang dipantang ketika sedang diet
Tue Jul 11, 2017 2:37 pm by sendi

» Ayo cek kesehatan setelah lebaran
Tue Jul 04, 2017 5:05 pm by sendi

» Jaga pola makan di hari raya
Sun Jun 25, 2017 2:49 pm by sendi

» Tips Mudik Aman bagi pengidap DM
Wed Jun 21, 2017 3:48 pm by sendi

» Perhatikan Kesehatan saat mudik dengan cermat
Mon Jun 19, 2017 4:11 pm by sendi

» Sahur, haruskah makan lebih banyak ?
Thu Jun 08, 2017 5:00 pm by sendi

» Menu bersantan, amankah ?
Wed Jun 07, 2017 5:52 pm by sendi

» Vitamin Mineral Penting saat Puasa
Mon Jun 05, 2017 4:18 pm by sendi

» Vit C dan Kepadatan Tulang
Sat Jun 03, 2017 11:46 pm by felixia28

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


SERAt, makin dekat makin sehat

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

SERAt, makin dekat makin sehat

Post  sendi on Mon Sep 02, 2013 5:57 pm

Serat, Semakin Dekat Semakin Sehat.
Banyak makan serat, itu biasanya saran dokter apabila kita mengeluhkan sulit BAB atau Buang Air besar. Meski banyaknya manfaat serat tapi yang lebih terkenal justru untuk penakluk BAB, tidak salah memang. Namun tak ada salahnya juga bukan kita mengenal manfaat serat selain untuk masalah BAB saja.
Adapun penyakit yang dapat dicegah dengan mengonsumsi serat pangan yang cukup adalah :
1. Penyakit gigi
Penyakit gigi disebabkan oleh tingginya gula dan bahan makanan bergizi lainnya seperti lemak dan protein yang menempel pada gigi. Makanan ini disenangi oleh bakteri pembusuk yang ada di mulut. Konsumsi serat pangan yang cukup akan membersihkan gigi dari sisa sisa makanan sehingga aman dari kerusakan bakteri pembusuk. Nah jika dalam jamuan makan ada serat seperti buah atau salad, jangan lupa diambil ya untuk “membersihkan” gigi.

2. Diabetes Meliitus
Sebuah penelitian menunjukan bahwa penduduk yang mengonsumsi serat pangan rata-rata 6.5 gr per hari ditemukan penderita diabetes sebanyak 3.6%. sedangkan pada penduduk yang mengonsumsi serat rata-rata 24.8 gr per hari hanya ditemukan 0.05% penderita. Serat pangan akan menurunkan efisiensi penyerapan karbohidrat , dan menurunya respon insulin, sehingga kerja pankreas menjadi lebih ringan . Alhasil pankreas dapat distimulus untuk dpt menghasilkan insulin.

3. Hipertensi
Hipertensi dapat terjadi pada siapa saja, tidak perlu gejala yang khas namun jika tekanan darah melebihi 140/90 mgHg anda sudah perlu waspada agar tidak menganggap remeh kondisi kesehatan anda. Tekanan darah tinggi umumnya disebabkan oleh penimbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Serat larut dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Sayur dan buah yang kaya serat sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita Hipertensi

4. Kanker Kolon
Setiap tahun penderita kanker kolon semakin meningkat jumlahnya. Pola makan yang sehat dapat mencegah terjadinya kanker kolon. Penelitian dari EPIC European Prospective Investigation Into Cancer) dan AICR (American Institute for Cancer Research) melaporkan bahwa kecukupan serat dari sayur dan buah pada pola makan sehari-hari dapat mengurangi resiko kanker usus hingga 40% di masyarakat Eropa dan 27% di USA.
Ada 4 teori yang dididuga menyebabkan terbentuknya kanker usus besar yaitu : konsumsi lemak yang tinggi, konsumsi daging yang tinggi , konsumsi kolesterol yang tinggi dan konsumsi serat pangan yang rendah.

sendi

Jumlah posting : 801
Points : 2278
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik