Latest topics
» Jangan abaikan keluhan tubuh
Tue Jan 09, 2018 3:43 pm by sendi

» Waspada Kolesterol
Mon Jan 08, 2018 5:06 pm by sendi

» Tahun baru dan diabetes
Tue Jan 02, 2018 9:25 pm by sendi

» batas aman gula dan garam
Sat Dec 23, 2017 12:03 pm by sendi

» Untuk DM dan hipertensi, jaga kesehatan di akhir tahun
Thu Dec 21, 2017 4:32 pm by sendi

» Yuk buat resolusi sehat 2018
Tue Dec 19, 2017 5:45 pm by sendi

» yang hitam jangan dimakan
Wed Dec 13, 2017 5:31 pm by sendi

» Selain Kalsium, Vitamin ini Juga Penting untuk Osteoporosis
Mon Dec 11, 2017 11:13 am by Opterone

» Jika terlambat makan ini resikonya
Wed Dec 06, 2017 3:44 pm by sendi

Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Retinopati, gangguan fungsi mata akibat komplikasi DM

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Retinopati, gangguan fungsi mata akibat komplikasi DM

Post  sendi on Tue Oct 21, 2014 10:46 pm


Komplikasi dari Diabetes Melitus telah seringkali diulas dalam forum ini. Dari resiko gangguan ginjal, jantung dan pembuluh darah,dan kini akan diulas komplikasi pada mata. Ya, penderita diabetes yang tak terkontrol beresiko terkena retinopati diabetik yaitu kerusakan pada retina mata dengan gejalanya adalah penurunan kemampuan penglihatan. Penderita DM hendaknya waspada akan indra penglihatan mereka. Waspada jika pandangan menjadi semakin kabur, dalam kurun waktu yang singkat. Pada lansia kerapkali tak disadari keluhan ini karena dikira menurunya penglihatan seiring dengan bertambahnya usia. Tak disadari bahwa yang terjadi adalah kerusakan retina karena komplikasi dari DM. Hingga akhirnya ditemukan dalam tingkat lanjut, dimana kesembuhannya pun menjadi semakin sulit.

Jika disaring sejak awal penderita retinopati dapat diatasi dengan mengontrol kadar gula darah. Jika tahap telah mencapai tingkatan lanjut dapat terjadi pendarahan pada mata. Selain gangguan pada mata, penderita DM juga perlu waspada jika gigi mudah goyang. Gigi goyang meskipun gigi tak berlubang. Hal ini disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah mengakibatkan radang sehingga penderita mengalami periodontis .

Penderita diabetes dengan tekanan darah tinggi juga tak dapat begitu saja mencabut gigi dikala goyang. Bukan tindakan yang tepat mencabut gigi kala tekanan darah sedang tinggi dan gula darah juga tinggir .
Bukan 1-2 jenis komplikasi akibat DM, penyebab kematian pada penderita DM lebih banyak disebabkan karena komplikasi yang terjadi karena gula darah tak terkendali. Oleh karena itu meski DM tak bisa disembuhkan, gula darah tetap dapat dikendalikan dengan mengatur pola makan, menyediakan waktu untuk berolahraga dan mengatur jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Bersambung ......

sendi

Jumlah posting : 829
Points : 2364
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik