Latest topics
» Jual Obat kuat Anaboic RX24 obat pembesar penis pin 2b3d7975
Sun Apr 16, 2017 8:26 pm by mugiolarez

» Jual Obat kuat Anaboic RX24 obat pembesar penis pin 2b3d7975
Sun Apr 16, 2017 8:25 pm by mugiolarez

» Jual Obat kuat Anaboic RX24 obat pembesar penis pin 2b3d7975
Sun Apr 16, 2017 8:25 pm by mugiolarez

» Cegah ISPA
Fri Apr 07, 2017 6:11 pm by sendi

» Vit C dan Kepadatan Tulang
Fri Apr 07, 2017 2:49 pm by Firman

» KOlagen dan masker Jeli Gamat
Tue Apr 04, 2017 4:44 pm by sendi

» Makan tepat waktu, apakah ada gunanya ?
Tue Apr 04, 2017 4:33 pm by sendi

» Ini manfaat Mengunyah Makanan Pelan-pelan
Tue Apr 04, 2017 10:47 am by Firman

» Telur, Protein dan Jeli Gamat
Thu Mar 16, 2017 4:35 pm by sendi

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Ibu hamil & Puasa, amankah untuk ibu dan janin ?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ibu hamil & Puasa, amankah untuk ibu dan janin ?

Post  sendi on Thu Jun 25, 2015 2:33 pm

Ketika bulan Ramadhan yang dinanti tiba semua berlomba untuk melakukan ibadah dan menunaikan puasa. Tak terkecuali ibu hamil, yang juga berpuasa meski sedang mengandung yang pada umumnya lebih mudah merasa cepat lapar dan haus. Info sehat ringan kali ini ingin mengulas amankah ibu hamil berpuasa dari sisi kesehatan.
Bagi ibu hamil yang hendak berpuasa ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli medis untuk mengetahui kondisi janin yang dikandungnya, asalkan tidak membahayakan janin maka puasa dapat dilakukan. Selain itu ada hal-hal lain yang sekiranya dapat diketahui oleh ibu hamil sebelum memutuskan untuk berpuasa.

1. Bagaimana dengan kesehatan ibu hamil
Ibu dapat mengetahui berapa berat badan sebelum berpuasa, apakah sudah cukup ideal dengan usia kehamilan . Apakah ibu mengalami anemia, diabetes atau hipertensi ? Jika kondisi kesehatan ibu tidak cukup baik maka keputusan untuk berpuasa ada baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahli medis
2. Aktivitas Ibu
Apakah aktifitas ibu termasuk aktifitas berat atau ringan ? Kelelahan ketika mengandung dapat menyebabkan kondisi kesehatan ibu terganggu, juga tekanan pekerjaan dapat mengakibatkan stress. Semua ini berpengaruh pada janin.
3. Pola makan ibu
Ketika mengandung ibu memerlukan gizi yang cukup bahkan lebih untuk beberapa zat gizi dibandingkan dengan kondisi tak hamil. Oleh karena itu asupan makanan perlu diperhatikan dengan benar tak hanya jumlahnya atau kuantitasnya tapi juga kualitas zat gizinya. Beragam makanan dengan gizi yang diperlukan oleh tubuh akan menyokong kesehatan ibu lebih baik selama kehamilan. Jika bosa memakan buah potong ubah menjadi jus buah, jika bosa mengonsumsi sayur bisa diubah menjadi salad yang lebih nikmat rasanya. Waktu berbuka dan sahur gunakan untuk makan makanan yang memang diperlukan oleh ibu dan janin bukan semata-mata memuaskan rasa lapar dan keinginan saja.

4. Air yang cukup
Gunakan waktu berbuka hingga menjelang tidur dengan minum air yang cukup. Juga waktu sahur hingga imsak dengan minum air. Sebaiknya ibu menghindari kopi dan the selama kehamilan. Ibu dapat menggantinya dengan susu, jus buah, air putih yang cukup diwaktu makan tiba. Hindari dehidrasi dengan minum yang cukup 8-10 gelas per hari

5. Amankah berolahraga ?
Bahkan ibu hamil pun perlu untuk berolahraga, asalkan yang sesuai dengan kondisi ibu. Tentu saja olahraga yang aman seperti jalan sore, dan senam hamil sesuai usia kehamilan ibu. Senam hamil akan membuat ibu lebih siap menghadapi persalinan, membantu relaksasi, dan meredakan nyeri tulang belakang yang kerap terjadi pada ibu hamil.

Jadi bagaimana keadaan ibu ? Jika kondisi kesehatan ibu baik maka puasa dapat dilakukan. Jangan lupa untuk mengonsumsi SPirulina Pacifica selama kehamilan, yang membantu suplai asam folat, kalsium ,zat besi, asam amino esensial dan omega 3.

sendi

Jumlah posting : 786
Points : 2233
Reputation : 7
Registration date : 15.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik