Latest topics
» Kromium kendalikan Kolesterol
Yesterday at 5:56 pm by Firman

» Pentingnya Glukosamin Si Pelumas Sendi
Tue Jan 17, 2017 4:48 pm by Firman

» Manfaat Polisakarida dalam Spirulina Pacifica
Sat Jan 14, 2017 12:11 pm by Firman

» Vitamin C atau Asam Askorbat
Fri Jan 13, 2017 5:24 pm by Firman

» Meringankan Asma dengan Omega 3
Thu Dec 22, 2016 4:01 pm by Firman

» Tips Memilih Suplemen Minyak Ikan yang Berkualitas
Thu Dec 15, 2016 11:46 am by Firman

» Bahaya Logam Berat Bagi Kesehatan ( Bag 2)
Wed Dec 07, 2016 2:14 pm by Firman

» Bahaya Logam Berat Bagi Kesehatan ( Bag 1)
Fri Dec 02, 2016 2:32 pm by Firman

» SOD Alami
Thu Dec 01, 2016 4:55 pm by Firman

Social bookmarking

Social bookmarking Digg  Social bookmarking Delicious  Social bookmarking Reddit  Social bookmarking Stumbleupon  Social bookmarking Slashdot  Social bookmarking Yahoo  Social bookmarking Google  Social bookmarking Blinklist  Social bookmarking Blogmarks  Social bookmarking Technorati  

Bookmark and share the address of Luxor Indonesia Forum on your social bookmarking website


Mengenal Jenis-Jenis Lemak

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mengenal Jenis-Jenis Lemak

Post  Firman on Fri Nov 15, 2013 2:44 pm

Lemak memiliki keistimewaan melezatkan makanan. Makanan yang diolah dengan lemak pun pasti menggoda dan membuat ingin menyantapnya terus menerus. Namun bagi pecinta tubuh langsing, kata “lemak” selalu membuat mereka takut dan berusaha keras untuk menghindarinya. Padahal tidak semua lemak berefek negatif. Karena lemak dibutuhkan tubuh pula, di antaranya adalah menghantarkan vitamin E agar dapat diserap di usus. Lemak juga berfungsi untuk cadangan energi, asalkan tidak ditimbun dalam jumlah banyak, lemak masih aman.
Untuk lebih bersahabat dan dapat mengendalikan asupan lemak dalam tubuh, ada baiknya kita mengenal jenis-jenis lemak, yaitu :
1. Lemak jenuh (saturated fat) adalah lemak yang pada umumnya berbentuk padat. Contoh dari lemak jenuh ini adalah mentega, susu murni, minyak kelapa, daging merah, dan minyak sawit. Konsumsi lemak jenis ini harus dibatasi karena akan meningkatkan kolesterol dalam darah, terutama tingkat LDL.
2. Lemak tidak jenuh (unsaturated fat), dibagi menjadi dua yaitu lemak tidak jenuh ganda (poly-unsaturated fat) dan lemak tak jenuh tunggal (mono-unsaturated fat). Manfaat dari lemak tidak jenuh adalah memperkecil serangan jantung, menaikkan antibodi tubuh dan membantu menurunkan kolesterol LDL. Bahkan lemak tak jenuh tunggal mampu meningkatkan kadar HDL. Contoh dari lemak tak jenuh ganda adalah ikan dan seafood. Sedangkan lemak tak jenuh tunggal adalah minyak zaitun, minyak canola peanut oil, unggas dan alpukat.
Mengenal jenis lemak tentunya penting, karena akan membantu dalam memilih makanan yang berguna bagi tubuh. Lemak trans merupakan lemak yang berasal dari lemak tak jenuh yang telah mengalam proses hidrogenasi. Contohnya adalah margarine.
Mengonsumsi makanan yang berlemak sah-sah saja, asalkan tetap menjalankan pola hidup sehat yaitu menakar asupannya agar tidak berlebihan kemudian membakar lemak secara berkala minimal dua minggu sekali dengan berolahraga secara teratur. Mengonsumsi buah-buahan dengan kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga perut tidak hanya diisi dengan makanan yang lezat-lezat saja. Semoga mengenal jenis-jenis lemak dapat membantu kita untuk dapat hidup lebih sehat.

Firman

Jumlah posting : 109
Points : 325
Reputation : 0
Registration date : 05.06.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik